Kulon Progo, Jawa Tengah (ANTARA News) - Siswa Madrasah Tsanawiyah Maarif Temon, mengunjungi Satuan Radar 215 TNI AU di Congot, Kulon Progo, DIY, dalam rangka menanamkan nasionalisme.

Wakil Kepala Sekolah bidang kesiswaan MTs Maarif Temon, Susanto, di Kulon Progo, Senin, mengatakan, studi luar ruangan, dengan salah satu sasaran pengenalan satuan pangkalan militer.

"Satuan Radar 215 di Congot merupakan pangkalan militer yang dekat dengan sekolah. Kami ingin menanamkan nasionalime kepada peserta didik dimulai sejak dini, dengan belajar di sini," kata Susanto.

Dengan melihat dari dekat fasilitas militer Indonesia itu, diharapkan semua siswa dapat mengetahui lebih lanjut TNI AU. "Dari mengenal ini, terbentuk rasa cinta pada negara dan terbentuk rasa nasionalisme sejak dini," harapnya.

Komandan Satuan Radar 215 TNI AU di Congot, Mayor Elektronik Joko Maryanto, mengharapkan kedatangan para siswa ini sangat baik dalam memupuk rasa kedekatan dan rasa memiliki TNI.

Menurut dia, TNI AU sangat membutuhkan generasi generasi penerus. Proses regenerasi tidak bisa tumbuh dengan baik bila tidak ada pengenalan yang baik dan benar dari awal.

"Cita-cita itu berawal dari melihat. Dari melihat timbul rasa ingin. Nah di sinilah peran kami, untuk mengenalkan dunia Dirgantara pada generasi lanjut. Jangan sampai tidak mengenal, apa itu TNI," katanya.

Pewarta: Sutarmi
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017