AsiaNet 69746

XI'AN, Tiongkok, 23 Agustus 2017 (Antara/Xinhua-AsiaNet) --

Jalur Sutra merupakan rute dagang penting yang membentang dari Chang'an (sekarang bernama Xi'an) ke Roma, menghubungkan Tiongkok dengan negara lain di Asia dan Eropa lebih dari 2.100 tahun silam. Para pedagang dari Roma, Persia dan wilayah lain, serta dari Jepang dan Korea, berkumpul di Chang'an, membuat kota kuno ini pusat kerjasama dan pertukaran Asia-Eropa, yang berkontribusi besar terhadap pertukaran ekonomi dan budaya Timur-Barat di masa lalu.

Xi'an, yang merupakan kota kosmopolitan pertama dalam sejarah Tiongkok, sekarang mengundang para wirausahawan dari seluruh dunia. World Xi'an Entrepreneurs Convention pertama, yang dihelat oleh Xi'an Municipal Government, berlangsung di kota Xi'an pada 19-20 Agustus. Konvensi ini, yang bertema Belt and Road: New Xi'an, New Economy, New Vitality, mengajak wirausahawan dan pihak lain yang lahir, besar atau bersekolah di Xi'an, yang memulai bisnis di Xi'an atau yang terikat dengan Xi'an dengan cara lain, untuk berkumpul di kota kuno tersebut serta meraih peluang bagi inovasi dan perusahaan rintisan, yang fokus pada pasar dalam maupun luar negeri.

Meliputi banyak sektor, termasuk investasi keuangan dan e-commerce, lebih dari 1.300 tamu terhormat dari 18 negara dan wilayah dari Tiongkok dan luar negeri, termasuk Liu Chuanzhi, Chairperson produsen PC terbesar dunia Lenovo Group, Jack Ma, Chairperson platform ritel terbesar dunia Alibaba Group, Jia Pingwa dan Yu Qiuyu, penulis ternama Tiongkok, menghadiri konvensi tersebut.

Xi'an merupakan titik pangkal Jalur Sutra kuno, dan kini menjadi pintu gerbang penting di sepanjang Jalur Sutra baru, sekaligus pusat hubungan dengan Barat di sisi Tiongkok dari New Eurasian Land Bridge. Dengan semua keuntungan unik ini, kota itu menjadi amat penting bagi investor di pantai timur Tiongkok untuk mengukuhkan diri di banyak pasar luar negeri, terutama di Asia Tengah dan Eropa. Menurut banyak investor dan wirausahawan, pengembangan ekonomi di daerah pedalaman barat yang dipelopori oleh kota-kota Xi'an dan Chengdu, bersama dengan perkenalan inisiatif Belt and Road, membuat Tiongkok barat kian dilirik para investor luar dan dalam negeri.

Pada Konvensi ini, Xi'an Chamber of Commerce, Xi'an Overseas Chinese Chamber of Commerce, Shaanxi Overseas Chinese Chamber of Commerce, Shaanxi Federation di Perancis, Shaanxi Chamber of Commerce di Kanada, Northwestern China Chamber of Commerce di Australia, Overseas Chinese Society for Technology and Business di Inggris, Chinese Chamber of Commerce di Siprus, Shaanxi Chamber of Commerce di Asia Tengah, dan Xi'an Chamber of Commerce di Hong Kong menandatangani perjanjian kerjasama.

Sumber: Xi'an Municipal Government

Tautan Lampiran Gambar:
http://asianetnews.net/view-attachment?attach-id=295023

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2017