Amsterdam, Belanda (ANTARA News) - Davy Propper mencetak dua gol dan Arjen Robben juga mencatatkan namanya pada papan skor ketika Belanda menundukkan tamunya Bulgaria 3-0 Senin dini hari tadi untuk memperbesar harapan negara itu lolos ke Piala Dunia 2018.

Belanda menempati peringkat ketiga Grup A dengan 13 poin, unggul satu poin dari Bulgaria dan tertinggal masing-masing tiga dan satu poin dari Swedia yang menang 4-0 di Belarus, dan Prancis yang hanya puas bermain 0-0 melawan tamunya Luxemburg.

Propper yang mengisi posisi pengatur permainan Wesley Sneijder, mencetak gol internasional pertamanya pada menit ketujuh yang menjadi awal bagus bagi tuan rumah yang gagal menang pada tujuh pertandingan sebelumnya di Amsterdam Arena.

Pemain rekrutan Brighton & Hove Albion itu mengantarkan timnya unggul setelah turun minum ketika menyambar umpan silang dari Daley Blind yang memberikan operan serupa kepada Robben untuk mengemas gol kedua pada menit 67.

Bulgaria mencetak satu gol balasan dalam rentang waktu dua menit lewat Georgi Kostadinov yang menjemput tendangan bebas melengkung yang dikirimkan kapten Ivelin Popov.

Belanda merestorasi keunggulan pada menit 80 ketika Propper menanduk bola umpan silang Quincy Promesa.

Belanda, yang takluk 0-4 dari Prancis Kamis pekan lalu akan menghadapi tuan rumah Belarus dan menjamu Swedia pada dua pertandingan terakhir kualifikasi bulan depan, dan mereka masih berpeluang finis pada dua besar.

Para juara dari sembilan grup Eropa lolos langsung ke putaran final 2018 di Rusia, sedangkan delapan tim peringkat kedua terbaik akan memainkan dua pertandingan playoff untuk memperebutkan empat tiket tersisa, demikian Reuters.

(H-RF/I015)

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2017