Medan, Sumatera Utara (ANTARA News) - Kloter 1 Debarkasi Medan yang membawa jemaah haji asal Sumatera Utara tiba kembali di Tanah Air melalui Bandara Kualanamu, Kamis dini hari pukul 01.34 WIB.

Mereka disambut Wakil Gubernur Sumatera Utara Nurhajizah Marpaung yang mengucapkan selamat datang kembali sambil mendoakan jemaah haji menjadi haji mabrur.

Nurhajizah mengaku gembira karena jemaah haji Kloter 1 kembali dengan selamat meski ada satu orang yang meninggal dunia.

Humas Panitia Pemberangkatan Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Medan Imam Mukhairi mengatakan, Kloter 1 Debarkasi Medan membawa 391 orang yang gerasal dari Kota Medan 350 orang, Kabupaten Deliserdang 25 orang, dan Kabupaten Labuhanbatu empat orang. Ini ditambah satu orang dari Tim Pemandu Haji Indonesia, satu Pembimbing Ibadah Haji Indonesia dan satu dari Tim Kesehatan Haji Indonesia.

Awalnya, Kloter 1 berjumlah 389 orang, namun anggota jemah bernama Yuliani Muhid Abdullah (75) meninggal dunia pada 19 Agustus 2017 dan dimakamkan di Madinah.

Setelah itu, ada tiga orang dimutasi ke Kloter 1 yakni Narsiyem Asmar Wiraji (58) dan Dugel Mindi b8n Midi (61) asal Kabupaten Labuhanbatu yang awalnya ada di dalam Kloter 6, dan Siang Fatimah Hamzah (65) asal Kabupaten Batubara yang sebelumnya tergabung dalam Kloter 17.

Pewarta: Irwan Arfa
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2017