Jumat, 22 September 2017

Penenggelaman kapal diharapkan jangan merusak ekosistem laut

| 5.680 Views
Penenggelaman kapal diharapkan jangan merusak ekosistem laut
Petugas Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) berkerja sama dengan Polda Aceh dan TNI AL meledakan kapal nelayan asing di Perairan Laut Selat Malaka, Langsa, Aceh, Sabtu (1/4/2017). (ANTARA /Syifa Yulinnas)
Jakarta (ANTARA News) - Aktivitas penenggelaman kapal pencuri ikan yang telah dilakukan aparat pemerintah di sejumlah daerah diharapkan dilakukan dengan cara-cara yang layak sehingga jangan sampai merusak ekosistem laut di sekitarnya.

Anggota Komisi VI DPR RI Bambang Haryo Soekartono menginginkan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan memberi masukan kepada Menteri Kelautan dan Perikanan agar dalam menenggelamkan kapal jangan dilakukan dekat dengan garis pantai.

"Penenggelaman seharusnya boleh dilakukan seperti Australia yang melakukannya di laut dalam. Itu pun juga tidak ditenggelamkan," kata Bambang di Jakarta, Rabu.

Menurut dia, penenggelaman kapal yang dilakukan dengan peledakan itu berpotensi mengotori laut dan menimbulkan polusi.

Politisi Partai Gerindra itu mencontohkan penenggelaman kapal di dekat kawasan pesisir Pangandaran, Jawa Barat, beberapa waktu lalu, yang ternyata merusak ekosistem.

Hal tersebut, lanjutnya, karena setelah diledakkan, ditemukan ternyata kapal itu masih menyimpan berton-ton bahan bakar sehingga laut juga tercemar tumpahan bahan bakar.

Editor: Gilang Galiartha

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Berita Lainnya
Komentar Pembaca
Baca Juga