Wamena, Papua (ANTARA News) - Maskapai Nam Air segera melayani penerbangan Mimika - Jayawijaya, Provinsi Papua, setelah terbit izin dari Ditjen Perhubungan Udara, kata Kepala Unit Pelayanan Bandar Udara Wamena, Rasburhany, di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Senin.

Selain NAM Air, ada beberapa maskapai juga mengajukan izin penerbangan ke Bandara Wamena namun masih menunggu terbit izin terbang dari Ditjen Perhubungan Udara.

Rasburhany menjelaskan, penerbangan Mimika-Wamena akan sangat membantu masyarakat yang selama ini terbang ke Wamena lebih banyak melalui rute Jayapura, padahal masyarakat Jayawijaya yang tinggal di Mimika cukup banyak.

Sebelumnya, Rasburhany juga mengatakan, akan dibuka penerbangan perintis kargo ke empat daerah terisolasi di wilayah pegunungan tengah Papua, misalnya dua lokasi di Distrik Trikora (Kabupaten Jayawijaya) dan Distrik Mapenduma (Kabupaten Nduga) serta Distrik Mugi (Kabupaten Yahukimo), Papua.

Terkait angkutan perintis kargo, kata dia, ada alokasi dana untuk Anggolok di Kabupaten Jayawijaya dan sudah dilakukan peninjauan ke sana. "Selanjutnya kami dari bandara akan melelang maskapai yang akan mengangkut kargo ke sana," katanya.

Pewarta: Marius Yewun
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017