Jakarta (ANTARA News) - Proses renovasi Kompleks Olahraga Gelora Bung Karno dinyatakan akan fokus pada pascapergelaran Asian Games pada bulan Agustus 2018.

"Dalam renovasi ini tidak hanya fokus pada venuenya, tetapi juga pada kawasan hijau dan pasca-Asian Games ke depan," kata Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani di sela-sela peninjauan proyek perbaikan kompleks GBK, Jakarta, Jumat.

Jika nanti telah rampung, lanjut Puan, kompleks GBK yang saat ini disebutnya perkembangan renovasi telah mencapai 90 persen, akan menjadi kompleks olahraga dengan lingkungan yang sangat baik sehingga, pemanfaatannya tidak boleh kalah dengan yang dilakukan di negara-negara lain.

"Pasca Asian Games harus bisa kita pergunakan untuk yang bermanfaat tidak hanya untuk masyarakat Indonesia, tapi juga dipergunakan dunia internasional," ujar Puan.

Puan mengimbau agar nantinya kegiatan-kegiatan non olahraga di kawasan GBK harus lebih "ramah" pada fasilitas-fasilitas yang ada sehingga tidak menyebabkan kerusakan.

"Saya ingatkan itu, karena kita nanti punya kawasan olahraga yang bertaraf internasional, haruslah kita jaga. Dan event-event lainnya yang ingin pergunakan komplek GBK harus dilihat lebih cermat jangan sampai merusak fasilitas, mungkin bisa dengan dibatasi jumlah orangnya," katanya menambahkan.

Kawasan olahraga GBK sendiri ditargetkan maksimal rampung pada bulan Desember 2017 di mana Dewan Olimpiade Asia (OCA) akan melaksanakan inspeksi untuk menilai kelayakan kawasan GBK sebagai salah satu lokasi diselengarakannya Asian Games 2018.

"Renovasi ini saya pikir sudah sesuai rencana, targetnya kawasan GBK akan rampung pada Desember saat OCA meninjau ke Senayan. Karenanya kami juga berani jamin bulan Februari test event bisa diselenggarakan yang dijadwalkan cabang olahraga atletik," ujar Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga Gatot S. Dewabroto di lokasi yang sama.

Asian Games sendiri akan dilaksanakan pada bulan Agustus 2018 dengan rencana awal menunjuk dua kota sebagai penyelenggara yakni Jakarta dan Palembang, serta dikabarkan juga beberapa cabang olahraga akan menjadikan Provinsi Jawa Barat sebagai lokasi pertandingannya.

(T.R030/B015)

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017