Jika perlu, kita harus tongkrongin terus menerus."
Jakarta (ANTARA News) - Wakil Presiden M. Jusuf Kalla (JK) meminta Gubernur Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur Sandiaga Uno bisa membawa Jakarta masuk dalam sepuluh besar kota terbaik di dunia.

"Ya, tadi Pak Wapres Jusuf Kalla meminta kita usahakan bagaimana Jakarta bisa masuk sepuluh kota terbaik di dunia," kata Gubernur DKI Anies Baswedan, didampingi Sandiaga Uno, usai bertemu Wapres JK di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Kamis.

Anies Baswedan dan Sandiaga Uno bertemu Wapres Kalla untuk melaporkan dan meminta masukan, serta berdiskusi terkait masalah-masalah di DKI Jakarta.

Diskusi, menurut Anies, berlangsung dalam beberapa sesi terkait berbagai isu penting di Jakarta.

Sesi pertama, dikemukakannya, membicarakan kesiapan pelaksanaan ASEAN Games di Jakarta dan Palembang, Sumatera Selatan.

Wapres JK, dinilai Anies, memintanya bisa memastikan kesiapan dan penyelesaian venue yang akan digunakan.

"Bicarakan juga soal masalah Jakarta. Pertama, bagaimana soal pengelolaan kemacetan di Jakarta. Kedua, soal kebersihan. Ketiga, soal manajemen air, ini terkait penanganan banjir. Keempat, penataan kampung kumuh," katanya.

Anies juga menjelaskan bahwa dalam pertemuan tersebut secara khusus Wapres memberikan foto-foto saluran drainase yang ada di Kota Istanbul, Turki.

Dalam foto tersebut terlihat bahwa saluran drainase di seluruh Istanbul dibangun semi permanen yang lubangnya bertutup besi sehingga saluran bisa dicek kapan pun.

Berbeda dengan yang ada di Jakarta, menurut Wapres JK, banyak saluran drainase yang ditutup secara permanen bersemen beton.

"Ini Pak JK secara khusus memotret selokan di Istanbul yang penutupnya besi berlubang sehingga bisa dengan mudah dibersihkan," katanya.

Sementara itu, Sandiaga Uno menjelaskan bahwa Wapres menekankan agar Pemda DKI Jakarta bisa memastikan kesiapan venue untuk pelaksanaan Asian Games selesai tepat waktu.

"Jika perlu, kita harus tongkrongin terus menerus," katanya.

Wapres juga meminta Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta segera bekerja dan menata Ibu Kota Negara RI sesuai dengan janji-janjinya kampanye.

Pewarta: Jaka Suryo
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2017