counter

Demo buruh saat pidato kenegaraan Jokowi di Gedung MPR RI

Demo buruh saat pidato kenegaraan Jokowi di Gedung MPR RI

Demo buruh di simpang pertigaan Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Jumat (16-8-2019). ANTARA/Galih Pradipta

Jakarta (ANTARA) - Buruh yang tergabung dalam Komunitas Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI) menggelar unjuk rasa menolak revisi Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan di simpang pertigaan Jalan Gatot Subroto, Jakarta Pusat, bertepatan dengan pidato kenegaraan Presiden RI Joko Widodo di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta.

“Aksi ini merupakan momentum yang tepat untuk mengingatkan DPR dan Jokowi agar tidak mengubah UU Ketenagakerjaan seperti yang diusulkan pengusaha,” kata Ketua Umum Konfederasi Kongres Aliansi Buruh Indonesia (KASBI) Nining Elitos, Jumat.

Baca juga: Aksi demo tolak revisi UU Ketenagakerjaan Nomor 13 Tahun 2003

Nining menambahkan ,”Pemerintah harusnya memberikan perlindungan, kesejahteraan, dan keadilan bagi rakyat, bukan justru bersama kaum pemodal menindas dan mengisap rakyat.”

Nining mengklaim juga menggelar aksi serentak di Bandung, Semarang, Surabaya, Makassar, dan Medan.

Sebelumnya, polisi mengamankan beberapa massa berkaus merah yang berkumpul di depan Gedung TVRI dan pintu masuk gerbang pemuda SUGBK saat pidato kenegaraan Presiden RI Joko Widodo.

Baca juga: Buruh Mukomuko tolak revisi aturan tentang ketenagakerjaan

Pada hari Jumat, Presiden Joko Widodo dijadwalkan berpidato sebanyak tiga kali di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta.

Pewarta: Galih Pradipta
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar