Peserta SMN NTT lihat pemugaran candi Muarajambi

Peserta SMN NTT lihat pemugaran candi Muarajambi

Peserta SMN mengunjungi Candi Muarajambi, Senin (19/8). (ANTARA/Dodi Saputra)

Jambi (ANTARA) - Sebanyak 25 orang peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2019 asal Nusa Tenggara Timur (NTT) melihat langsung proses pemugaran candi di Komplek Candi Muarajambi, Kabupaten Muarojambi, Senin.

Kunjungan ke Candi Muarajambi yang merupakan candi terluas di Asia Tenggara tersebut masuk dalam salah satu lokasi yang dikunjungi oleh Siswa Mengenal Nusantara dari NTT tersebut.

Tiba di Komplek Candi Muarajambi, peserta SMN dan pendamping dipandu oleh pemandu wisata yang memperkenalkan asal usul candi berikut nama-nama bangunan candi. Peserta SMN terlihat senang bisa mengunjungi cagar budaya ternama tersebut.

Di lokasi bangunan candi yang sedang dipugar, peserta SMN berkesempatan melihat langsung proses pemugaran dan mendapat penjelasan dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jambi.

Pada kesempatan itu, peserta SMN terlihat merekam penjelasan pihak BPCB Jambi dan mengajukan pertanyaan terkait nama bangunan candi proses pemugaran.

Pendamping peserta SMN NTT yang juga mewakili Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, Edy Kuncoro berharap peserta SMN dapat mengenal lebih jauh tentang Candi Muarajambi dan dapat menceritakan pengalaman mereka ke teman-teman mereka di NTT nanti.

Sementara itu PIC PT Semen Baturaja, Afrizal dalam kesempatan tersebut mengatakan, selain mengunjungi Candi Muarajambi, peserta SMN juga mengunjungi Kabupaten Kerinci dan mengunjungi beberapa tempat seperti Perkebunan Teh Kayu Aro. Di sana mereka diperkenalkan proses pembuatan teh kayu Aro dan pabrik kentang serta dodol. Setelah itu, mereka juga mengunjungi Geopark di Kabupaten Merangin.

Para peserta SMN NTT akan mengikuti serangkaian kegiatan pertukaran pelajar atau SMN di Provinsi Jambi dari tanggal 15-23 Agustus 2019.

Baca juga: SMN NTT sebut buku "Bingkai Anak Negeri" membawa keliling nusantara
Baca juga: SMN NTT saksikan praktik perawatan kecantikan pelajar SMKN 4 Jambi


 

Pewarta: Nanang Mairiadi dan Dodi Saputra
Editor: Arief Mujayatno
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Tanam mangrove untuk jaga kawasan pesisir pantai

Komentar