counter

Tour de Indonesia 2019

Pemkab Jember imbau pedagang tak berjualan di rute Tour d'Indonesia

Pemkab Jember imbau pedagang tak berjualan di rute Tour d'Indonesia

Finish etape ketiga di Jember (Foto Pemkab Jember)

Jember, Jawa Timur (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Jember mengimbau para pedagang tidak berjualan di sepanjang rute yang dilalui peserta balap sepeda Tour d'Indonesia yang dijadwalkan tiba di kabupaten setempat pada Rabu siang.

"Kami sudah mensosialisasikan kepada para pedagang untuk tidak berjualan di rute yang dilalui pebalap sepeda, terutama di kawasan kota," kata Kepala Satpol PP Jember Arif Tjahyono di Jember.

Sesuai jadwal, sekitar 100 pebalap dari 26 negara akan melintas di Jember pada 21 dan 22 Agustus 2019.

"Kami telah melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak terkait dan secara internal juga telah berkoordinasi hingga ke tingkat kecamatan," tuturnya.

Ia mengatakan beberapa upaya yang dilakukan Satpol PP di antaranya pengamanan rute yang dilalui pebalap di Kabupaten Jember, terutama kecamatan-kecamatan yang daerahnya dilintasi.

"Tentunya pengamanan ini juga berkoordinasi dengan instansi terkait, seperti Polsek dan Koramil," katanya.

Rute kecamatan yang dilalui pada 21 Agustus 2019, yakni Kecamatan Tanggul, Bangsalsari, Rambipuji, Kaliwates.

"Kami berharap warga Jember juga ikut menyukseskan balap sepeda Tour d'Indonesia," ucapnya.

Sedangkan keesokan harinya pada 22 Agustus 2019, kecamatan yang dilalui adalah Patrang, Sumbersari, Pakusari, Mayang dan Silo.

Alun-alun Jember akan menjadi finis poin etape ketiga Kejuaraan Internasional Balap Sepeda Tour d'Indonesia 2019.

Sementara itu, Satlantas Polres Jember juga sudah mengalihkan arus lalu lintas dengan membuat jalur alternatif bagi kendaraan yang akan melalui rute yang dilewati peserta balap sepeda.

Kejuaraan Tour d'Indonesia yang diikuti pebalap-pebalap nasional dan internasional itu menempuh jarak 825,2 km yang dibagi dalam lima etape.

Etape pertama diawali dari Candi Borobudur Magelang dan finis di Madiun, kemudian etape kedua berangkat dari Madiun dan finis di Batu Malang.

Etape ketiga, start dari Batu dan finis di alun-alun Jember, diteruskan etape keempat dari Jember menuju finis di kawasan Ijen Banyuwangi. Etape terakhir atau etape kelima akan diberangkatkan dari Gilimanuk dan finis di Bangli, Bali.

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Ajang balap sepeda dan promosi wisata Indonesia

Komentar