counter

UI kampanye program cinta kampus komit jaga lingkungan

UI kampanye program cinta kampus komit jaga lingkungan

Pembacaan deklarasi Kampanye Program Cinta Kampus di Gedung Rektorat Universitas Indonesia Depok, Jumat (23/8/2019) . ANTARA/Feru Lantara/aa.

UI merupakan kampus dengan udara tersejuk serta terhijau di Indonesia
Depok (ANTARA) - Universitas Indonesia (UI) menggelar Kampanye Program Cinta Kampus untuk mengobarkan semangat mahasiswa baru UI agar berkomitmen penuh menjaga kualitas lingkungan hidup.

Rektor UI Muhammad Anis di kampus UI Depok Jumat mengajak segenap sivitas akademika dan warga UI untuk bersama-sama berkomitmen untuk bijak menggunakan plastik dengan cara meminimalisir penggunaan plastik sekali pakai dalam kehidupan sehari-hari dan membiasakan diri untuk melakukan aktivitas pilah sampah dalam menjaga kebersihan lingkungan.

Selain itu juga berkomitmen untuk mendukung dan terus memperbaiki manajemen pengelolaan sampah yang ada secara berkelanjutan, dengan mengembangkan sistem pengolahan sampah yang baik, meningkatkan kesadaran untuk melindungi hutan Indonesia guna menjaga pasokan oksigen di dunia bagi generasi yang akan datang.

"UI sudah menunjukkan komitmennya menjaga lingkungan hidup dengan mencanangkan gerakan kampus hijau atau disebut UI GreenMetric sejak tahun 2010 yang telah mendunia," jelasnya.

 Baca juga: UI GreenMetric berikan penghargaan sepuluh universitas terhijau dunia


UI, katanya, juga merupakan kampus dengan udara tersejuk serta terhijau di Indonesia, mari kita selaku warga UI bersama-sama menjaga lingkungan hidup. Ini adalah bentuk syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Kuasa dan sebuah keharusan bagi setiap generasi.

"Sebagai mahasiswa yang merupakan agen perubahan bangsa, mari kita mulai untuk menjaga lingkungan di sekeliling kita agar less waste, less pollution," katanya.

Sejumlah rangkaian kegiatan dalam Kampanye Program Cinta Kampus UI (PCK UI) yaitu membangun replika Logo Makara UI Terbesar dari Sampah Botol Plastik Ecobrick serta Tarian Pilah Sampah oleh penari terbanyak yang diikuti oleh 8.523 mahasiswa baru UI di Lapangan Rotunda UI kampus Depok.

Selain itu, juga  kegiatan menanam pohon di wilayah kampus UI Depok, melepas ikan dan membersihkan sampah di 6 Danau UI.


Baca juga: UI raih peringkat kampus terhijau
Baca juga: UI kenalkan BlueMetric untuk pengukuran kualitas laut Indonesia

 

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Dewanti Lestari
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Kenaikan iuran jadi opsi atasi defisit BPJS Kesehatan

Komentar