Jakarta  (ANTARA News) - Ribuan warga, sebagian dengan atribut Partai Keadilan Sejahtera (PKS), melakukan unjukrasa menentang serangan Israel terhadap Jalur Gaza, di kawasan Monas, Jakarta, Minggu.

Mengusung berbagai spanduk dan poster anti Israel serta ratusan bendera Palestina, massa dengan penuh semangat meneriakkan hidup Palestina dan ganyang Israel.

Mantan Presiden PKS, Hidayat Nur Wahid yang juga Ketua MPR, dalam orasinya di mimbar bebas menyerukan agar pemerintah Indonesia terus meminta Dewan Keamanan PBB dan Mahkamah Internasional agar menekan Israel untuk menghentikan serangannya ke wilayah kantong Palestina yang sejak lama terkepung itu.

Penolakan Israel atas Resolusi Dewan Keamanan PBB, menurut Hidayat juga merupakan bukti kekejaman dan sikap arogan Israel terhadap suara dunia.

Usai beberapa orasi lain dari berbagai tokoh dari Katholik dan Tionghoa, aksi massa dilanjutkan dengan melakukan berjalan kaki menuju kawasan Bundaran Hotel Indonesia, setelah sebelumnya beberapa laskar PKS melakukan
pertunjukan menerobos tembok bertuliskan Camp Israel sambil membawa bendera Merah Putih dan Palestina.

Jalan MH Thamrin pada arah menuju Bundaran HI saat ini dipadati massa, sehingga lalu lintas di jalur itu terhalang. (*)

Copyright © ANTARA 2009