Jakarta (ANTARA) - Roster final Republik Ceko, Serbia dan Turki akhirnya terkonfirmasi di laman resmi FIBA beberapa jam jelang lemparan mula Piala Dunia FIBA 2019, Sabtu.

Nama pemain berpengalaman Milos Teodosic, yang sempat membantu Serbia meraih medali perak Olimpiade 2016 dan runner-up Piala Dunia FIBA 2014, menjadi yang tercoret dari roster akhir Pasukan Elang di China.

Baca juga: Presiden Xi Jinping buka Piala Dunia FIBA 2019

Praktis Serbia bakal bertumpu pada bintang barunya Nikola Jokic yang musim lalu tampil menawan di NBA bersama Denver Nuggets.

Selain itu sejumlah nama-nama jebolan NBA lainnya seperti Boban Marjanovic, Bogdan Bogdanovic dan Nemanja Bjelica juga siap membantu Jokic membuktikan kemampuan Serbia, yang belakangan menjadi salah satu favorit juara turnamen.

Serbia diunggulkan mampu melewati Angola, Filipina dan Italia dari penyisihan Grup D di Foshan.

Baca juga: Profil Grup D, Serbia mencari gelar ketiga

Roster final Ceko, ditopang oleh Tomas Satoransky yang tiga musim terakhir tampil di NBA bersama Washington Wizards, namun musim panas lalu hijrah ke Chicago Bulls.

Satoransky akan membuktikan dirinya langsung menghadapi Amerika Serikat di Grup E yang juga berisikan Jepang dan Turki di Shanghai.

Ceko kehilangan bintang Fenerbahce, Jan Vesely, yang harus menepi karena cedera namun nama-nama senior siap membantu Satoransky seperti Patrik Auda, Pavel Pumprla, Vojtech Hruban, Jakub Sirina dan tentunya pemain naturalisasi Blake Schilb.

Baca juga: Segrup dengan AS, Satoransky tak sabar buktikan kebolehan Ceko

Sementara itu, Turki akan mencoba kombinasi pengalaman tinggi di Ersan Ilyasova dan tulang punggung anyar mereka untuk beberapa tahun ke depan Cedi Osman.

Ilyasova punya pengalaman tampil menjadi runner-up Piala Dunia FIBA 2010 ketika dikalahkan Amerika yang kini akan mereka temui lagi di Grup D.

Osman juga akan menghadirkan pengalamannya di NBA bersama Cleveland Cavaliers dua tahun terakhir.

Baca juga: Profil Grup E, mimpi-mimpi calon pelanjut dominasi Amerika Serikat

Berikut roster akhir ketiga negara:

Republik Ceko: Blake Schilb (forward), Jakub Sirina (guard), Jaromir Bohacik (guard), Lukas Palyza (forward), Martin Peterka (center), Martin Kriz (forward), Ondrej Balvin (center), Patrik Auda (forward), Pavel Pumprla (guard/forward), Tomas Satoransky (guard/forward), Tomas Vyoral (guard), Vojtech Hruban (forward)
Pelatih kepala: Ronen Ginzburg

Serbia: Boban Marjanovic (center), Bogdan Bogdanovic (guard), Marko Guduric (guard), Marko Simonovic (forward), Miroslav Raduljica (center), Nemanja Bjelica (forward), Nikola Jokic (center), Nikola Milutinov (center), Stefan Bircevic (forward), Stefan Jovic (guard), Vasilije Micic (guard), Vladimir Lucic (forward)
Pelatih kepala: Aleksandar Djordjevic

Turki: A. Bugrahan Tuncer (guard), Cedi Osman (guard/forward), Dogus Balbay (guard), Ege Arar (forward/center), Ersan Ilyasova (forward/center), Furkan Korkmaz (guard/forward), James Metecan Birsen (forward), Melih Mahmutoglu (guard), Scott Wilbekin (guard), Semih Erden (center), Sertac Sanli (center), Yigit Arslan (guard)
Pelatih kepala: Ufuk Sarica

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2019