counter

Info Haji

Pulang haji, jamaah Sibolga-Tapanuli Tengah lanjutkan naik pesawat

Pulang haji, jamaah Sibolga-Tapanuli Tengah lanjutkan naik pesawat

Rombongan haji Kelompok Terbang 13 Debarkasi Medan tiba Asrama Haji Medan, Provinsi Sumatera Utara, Kamis (5/9/2019) malam. (FOTO ANTARA/Munawar Mandailing)

Rombongan haji dari daerah itu berangkat dari Bandara Udara Internasional Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang menuju Bandara Dr Ferdinand Lumbantobing, Pinang Sori, Kabupaten Tapanuli Tengah
Medan (ANTARA) - Kepala Bidang Penerimaan dan Pemberangkatan Haji Embarkasi Medan, H Farhan Indra mengatakan rombongan haji asal Kota Sibolga dan Kabupaten Tapanuli Tengah yang tergabung dalam kloter 13 Debarkasi Medan setelah tiba dari Tanah Suci, Arab Saudi, pulang ke daerah masing-masing dengan menggunakan pesawat terbang.

"Rombongan haji dari daerah itu berangkat dari Bandara Udara Internasional Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang menuju Bandara Dr Ferdinand Lumbantobing, Pinang Sori, Kabupaten Tapanuli Tengah," katanya di Asrama Haji Medan, Sumatera Utara, Jumat.

Ia menjelaskan rombongan haji asal Sibolga dan Tapanuli Tengah itu tergabung pada kelompok terbang (kloter) 13 Debarkasi Medan.

Rombongan haji tersebut, kata dia, setelah tiba di Tanah Air, sekembali dari Tanah Suci Mekkah Kamis (4/9) malam  pukul 22.00 WIB sempat menginap di Hotel Asrama Haji Medan.

Ia menambahkan rombongan haji asal Sibolga terdiri atas  66 orang dan 84 orang dari Tapanuli Tengah.

"Mereka kembali ke Tanah Air seluruhnya dalam keadaan selamat," katanya.

Sementara itu, seorang haji atas nama Susanto Achmad Bin Ahmad Sanusi (56) asal Kota Medan yang tergabung pada kloter 13 Debarkasi Medan tutup usia di Tanah Suci Mekkah.

Susanto Achmad beralamat di Jalan R Menteng Gang Prisai Pribumi, Kecamatan Medan Denai, Kota Medan.

Haji asal Kota Medan itu, menghembuskan nafasnya yang terakhir pada tanggal 12 Agustus 2019 pukul 21.00 waktu setempat di Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS).

Almarhum wafat karena penyakit Circulatory Diseases, dan dimakamkan di Sharaye.

Sementara itu, sebanyak 3.849 orang haji yang tergabung pada kloter 13 Debarkasi Medan yang dipimpin ketua kloter Ali Wardana Aliaman Pulungan Bin Ali Aman Pulungan tiba di Asrama Haji Medan, Kamis malam sekitar pukul 22.00 WIB.

Dari jumlah 391 orang haji kloter 13 Debarkasi Medan itu terdiri atas 146 pria dan 238 wanita. 

Dari jumlah jamaah haji tersebut, yakni 220 orang dari Kota Medan, 66 orang dari Kota Sibolga, 84 orang dari Kabupaten Tapanuli Tengah, 1 orang dari Kota Binjai, 3 orang dari Kabupaten Deli Serdang, 1 orang dari Kabupaten Tapanuli Selatan, dan 1 orang dari Kabupaten Labuhan Batu.

Baca juga: Wafat sebelum masuk asrama, satu calhaj Sibolga gagal ke Tanah Suci

Baca juga: Situs sejarah Islam di Tapanuli terancam abrasi

Baca juga: Tujuh tahun menunggu akhinya petani cabai Tapanuli Selatan naik haji

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Lebih dari dua ribu pengungsi Wamena asal Toraja pulang kampung

Komentar