counter

Optimalkan kesempatan kuliah di Banten, UT gandeng PWI-KPID

Optimalkan kesempatan kuliah di Banten, UT  gandeng PWI-KPID

Universitas Terbuka (UT) Kampus Serang bekerja sama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Banten dan Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Banten dalam upaya peningkatan SDM dan APK di Banten, Senin (9/9/2019). (FOTO ANTARA/Mulyana)

UT jadi pionir dalam memimpin pembelajaran 'online' di Indonesia. Era industri 4.0 ini, membawa perubahan pada dunia pendidikan. Bahkan UI, ITB, UGM, universitas ternama juga sedang ingin mengadopsi pembelajaran 'online' di UT
Serang (ANTARA) - Universitas Terbuka (UT) Kampus Serang menggandeng Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Banten dalam upaya lebih mengenalkan UT sebagai kampus yang memberikan kesempatan secara luas bagi masyarakat di daerah itu  yang ingin kuliah.

Direktur UT Serang Maman Rumanta di Serang, Senin mengatakan, kerja sama antara PWI dan KPID Banten yang dilakukan UT sangat penting karena UT adalah salah satu kampus yang berstatus perguruan tinggi negeri (PTN) miliki pemerintah.

"Dengan adanya kerja sama dengan KPID dan PWI ini diharapkan informasi terkait keberadaan UT ini bisa lebih optimal lagi. Semua orang tahu bahwa UT adalah universitas yang tengah berkembang yang sesuai dengan perkembangan digital dan boleh dibilang universitas siber," katanya usai menandatangai nota kesepahaman (MoU ) tersebut, di aula UT Serang.

Menurutnya, PWI dan KPID Banten merupakan dua lembaga yang tepat untuk dilakukan kerja sama dengan UT Serang.

"Saya kira PWI dan KPID ini adalah agen yang tepat untuk menyebarkan Informasi dan lain lain," kata dia.

Maman Rumanta menegaskan bahwa UT saat ini merupakan lembaga perguruan tinggi yang menjadi pelopor pembelajaran dalam jaringan (daring) atau "online".

Tidak hanya pembelajaran, kata dia, semua proses di UT bisa dilakukan secara "online", mulai registrasi hingga ujian.

“Kita menggunakan sistem pembelajaran 'online' penuh. Ternyata pembelajaran 'online' akan jadi pembelajaran masa depan. Era digital ini mau tidak mau telah mengubah pola-pola pembelajaran, dari yang tadinya tatap muka, sekarang mulai mengarah ke 'online'," katanya.

Dikatakannya bahwa di era industri 4.0 saat ini dunia pendidikan harus mampu menyesuaikan dengan kemajuan teknologi. Salah satu yang saat ini jadi pilihan adalah pembelajaran dengan sistem "online".

“UT jadi pionir dalam memimpin pembelajaran 'online' di Indonesia. Era industri 4.0 ini, membawa perubahan pada dunia pendidikan. Bahkan UI, ITB, UGM, universitas ternama juga sedang ingin mengadopsi pembelajaran 'online' di UT,” katanya

Baca juga: Rektor UT: dengan pendidikan daring tidak ada alasan tidak kuliah

Dalam MoU yang dilakukan bersama dengan PWI Banten dan KPID Banten ini, UT UPBJJ Serang berkomitmen untuk mendorong peningkatan angka partisipasi kasar (APK) perguruan tinggi di Banten.

“APK perguruan Tinggi di Banten masih tidak terlalu tinggi, seharusnya bisa di atas rata-rata nasional. Karena itu, UT ingin membantu bersama-sama pemerintah untuk meningkatkan kualitas SDM, khususnya peningkatan APK ini,” katanya.

Universitas Terbuka, Sarjana Sambil Bekerja


Melalui kerja sama dengan PWI dan KPID, diharapkan bisa lebih aktif penyebarluasan informasi dan pemberitaan tentang UT, agar bisa lebih dikenal oleh masyarakat, kata Maman Rumanta.

Di tempat yang sama, Ketua KPID Banten Ade Hujaerimi mengatakan, pihaknya saat ini pihaknya memiliki program literasi media dengan mahasiswa sehingga dengan begitu diharapkan dapat membantu dalam melaksanakan program literasi media di kampus-kampus yang ada di Banten.

KPID juga memiliki program literasi media dengan para mahasiswa. "Sehingga dengan adanya MoU ini akan dapat membantu kami dalam melaksanakan program literasi media," katanya.

Baca juga: UT buka program doktoral jarak jauh

Baca juga: Vokasi UI--Universitas Terbuka luncurkan program pelatihan jarak jauh

Baca juga: Universitas Terbuka digandeng Pemkot Serang tingkatkan kualitas SDM


Bukan hanya itu, dalam MOU itu, pihaknya bukan hanya melakukan kerja sama dengan media saja namun juga melakukan kerja sama terkait penyiaran.

"Bukan hanya MoU terkait tridarma perguruan tinggi namun juga kerja sama terkait dengan kemitraan tentang penyiaran," kata Ade.

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Banten Rian Nopandra mengatakan, sesuai dengan pasal 3 UUD 40 tahun 1999 tentang pers bahwa salah satu fungsi pers adalah harus mengedukasi.

"Fungsi pers salah satunya mengedukasi, dalam artian harus mampu meningkatkan tatanan pendidikan dan harus memberikan kontrubusi peningkatan yang positif terhadap kualiatas pembangunan di tanah air khususnya di Banten," kata Opan.

Pihaknya menyambut baik kerja sama antara PWI Banten dengan UT serang dan KPID Banten tersebut. Ia berharap, melalui kerja sama ini, ke depan PWI Banten dengan UT Serang dapat bersama-sama meningkatkan SDM di Provinsi Banten. 


 

Pewarta: Mulyana
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar