Masyarakat Jatim berkomitmen menjaga kebersamaan dengan warga Papua

Masyarakat Jatim berkomitmen menjaga kebersamaan dengan warga Papua

Pertemuan tokoh masyarakat yang juga mantan Bupati Biak 2004-2014 Yusuf Melianus dengan warga Jawa Timur. (Dokumentasi Pengurus Jawa Timur)

Jajaran masyarakat Jawa Timur ikut mendukung terwujudnya suasana Tanah Papua dan Kabupaten Biak Numfor yang damai untuk semua, ujarnya
Biak (ANTARA) - Berbagai komponen masyarakat Jawa Timur di Kabupaten Biak Numfor, Papua, telah berkomitmen bersama untuk senantiasa menjaga kebersamaan dan menjalin tali persaudaraan dengan warga asli orang Papua sebagai satu anak bangsa di dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Silaturahmi antar warga Jawa Timur dengan tokoh masyarakat yang juga mantan Bupati Biak Yusuf Melianus Maryen di Pantai Water Basis bertujuan memperkukuh hubungan tali silaturahmi serta menolak perlakuan rasisme terhadap mahasiswa Papua di Surabaya dan Malang serta menjalin hubungan persaudaraan,," ungkap Ketua Pengurus Wilayah Jawa Timur Biak Iwan Islmulyanto AP di Biak, Selasa.

Iwan mengakui, masyarakat Jawa Timur yang berasal dari sejumlah kabupaten/kota telah hidup rukun, damai dan menjaga toleransi kehidupan yang harmonis dalam keseharian.

Baca juga: Papua Terkini - Masyarakat Biak tolak kelompok separatis

Kepada masyarakat Jawa Timur di Biak, kata  Iwan, diimbau untuk terus menjaga kamtibmas Biak yang aman dan kondusif sehingga dapat mendukung kelancaran berbagai program pembangnan yang sedang dilakukan pemerintah Kabupaten Bak Numfor.

"Jajaran masyarakat Jawa Timur ikut mendukung terwujudnya suasana Tanah Papua dan Kabupaten Biak Numfor yang damai untuk semua," ujarnya.

Sementara itu, tokoh masyarakat Biak Yusuf Melianus Maryen mengajak semua warga Jawa Timur untuk terus mendukung setiap program pemerintah daerah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Baca juga: Bupati Herry: 257 kepala kampung wujudkan kedamaian Biak Numfor

"Suasana kamtibmas Biak yang sekarang sudah sangat kondusif ini harus kita pelihara bersama mewujudkan Tanah Papua damai untuk semua orang,," harapnya.

Asisten 1 Sekda Biak Friets G.Senandi mengatakan, kamtibmas Biak yang damai menjadi dambaan semua orang sehingga berbagai elemen masyarakat ikut berperan menjaganya.

Baca juga: Papua Terkini - Tokoh agama ajak warga Biak jaga kedamaian tanah Papua

"Biak senantiasa kondusif akan memberikan kenyamanan untuk semua orang maka kkitga jaga wilayah ini tetap damai," katanya.

Hingga, Selasa pukul 16.00 WIT aktivitas warga Biak tampak lancar seperti angkutan umum, pertokoan, pasar, pelabuhan, bandara dan pusat perbelanjaan tetap beroperasi normal melayani kebutuhan masyarakat setempat.

Pewarta: Muhsidin
Editor: Edy Supriyadi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Ferdinan, antara harapan dan impian tanpa batas

Komentar