counter

Inggris dan Australia turut berkabung atas kepergian BJ Habibie

Inggris dan Australia turut berkabung atas kepergian BJ Habibie

Bendera Union Jack dikibarkan setengah tiang di Kedutaan Besar Inggris di Jakarta pada Kamis (12/9/2019) untuk menghormati wafatnya mantan Presiden BJ Habibie. (Twitter Kedubes Inggris)

Jakarta (ANTARA) - Kedutaan Besar Inggris dan Australia di Jakarta turut berkabung atas kepergian mantan Presiden Indonesia BJ Habibie di Jakarta, Rabu (11/9), dengan memasang bendera setengah tiang.

Bendera setengah tiang tampak berkibar di kedua kedubes yang bersebelahan dan berlokasi di lingkungan kediaman mendiang BJ Habibie, di Patra Kuningan, Jakarta, Kamis.

Kedubes Inggris memasang Bendera Union Jack setengah tiang sebagai tanda belasungkawa menyusul wafatnya Presiden ke-3 RI, demikian ditulis pada akun resmi Twitter Kedubes Inggris @UKinIndonesia.

Baca juga: Kedubes AS pasang bendera setengah tiang untuk hormati BJ Habibie

Bendera Australia yang berwarna dasar biru dengan enam simbol bintang persemakmuran di bawah Union Jack kecil di pojok kiri atas juga tampak dikibarkan setengah tiang di gedung kedutaan Negeri Kangguru itu.

Duta Besar Australia Gary Quinlan menyatakan bahwa pemasangan bendera setengah tiang tersebut merupakan bentuk penghormatan terhadap BJ Habibie.

“Untuk menghormati Mantan Presiden Indonesia Bapak BJ Habibie, bendera Australia dikibarkan setengah tiang di Kedubes hari ini. Selamat jalan Bapak BJ Habibie,” kata Quinlan pada akun resmi Twitter-nya.
 


Pemerintah Indonesia telah menetapkan hari berkabung nasional mulai 12 hingga 14 Spetember  2019 dan masyarakat diminta memasang bendera setengah tiang, namun sifatnya hanya berupa seruan, bukan peraturan.

Beberapa gedung kedubes yang terletak di kawasan Kuningan, seperti Kedubes Federasi Rusia dan Kedubes Malaysia terlihat tidak memasang bendera setengah tiang. Berdasarkan pantauan ANTARA pada Kamis sore, bendera negara di kedua Kedubes itu dipasang satu tiang penuh.

Baca juga: BJ Habibie wafat, bendera setengah tiang tampak di sejumlah kedubes

Presiden ke-3 RI BJ Habibie wafat pada Rabu (11/9) pukul 18.05 WIB di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto Jakarta, dalam usia 83 tahun.

Jenazah mendiang Habibie dimakamkan bersebelahan dengan pusara istrinya, Hasri Ainun Besari, di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta, pada Kamis siang.

Presiden RI Joko Widodo menjadi pemimpin upacara pemakaman Habibie yang dihadiri pula oleh mantan Presiden Megawati Soekarnoputri dan mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Baca juga: Megawati dan SBY hadiri pemakaman B.J. Habibie

Pewarta: Suwanti
Editor: Azizah Fitriyanti
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Masyarakat berziarah ke makam Habibie

Komentar