counter

Akuatik

Perenang AS seberangi Selat Channel selama 54 jam

Perenang AS seberangi Selat Channel selama 54 jam

Dokumentasi - Pantai kota Surtainville, Prancis barat daya, yang menghadapi ke Selat Inggris. (Photo by CHARLY TRIBALLEAU / AFP) (AFP/CHARLY TRIBALLEAU)

London, Inggris (ANTARA) - Seorang bekas penderita kanker payudara asal Amerika, Selasa, menjadi manusia pertama yang menyeberangi Selat Inggris yang memisahkan Inggris dari Eropa, dengan berenang empat kali non stop dalam waktu 54 jam.

Sarah Thomas (37) terlihat dalam sebuah posting video di Facebook tengah tiba di Dover di pantai selatan Inggris yang disambut oleh sekelompok pendukung yang bersorak menyelamati dia.

"Saya merasa agak sakit," dia terdengar berkata begitu dalam video tersebut.

Dalam sebuah posting Sabtu sebelum bersiap, Thomas menulis, "Renang ini didedikasikan untuk semua orang yang selamat (dari kanker) di luar sana."

"Ini untuk kita semua yang berdoa untuk hidup kita yang membayangkan dengan putus asa mengenai apa yang terjadi nanti, dan berjuang mengatasi sakit dan takut," tulis dia seperti dikutip AFP.

Thomas berhasil menuntaskan treatment untuk kanker yang dia derita setahun lalu.

Thomas berkata kepada BBC bahwa bagian tersulit dari renang ini adalah mengatasi air bergaram, yang memedihkan tenggorokan dan mulutnya. Dia mengaku wajahnya pernah tersengat ubur-ubur.

Perenang daya tahan tubuh Lewis Pugh memposti di Twitter bahwa pencapaian Thomas itu "luar biasa, menajubkan, manusia super".

Baca juga: Perenang internasional resah suhu perairan Jepang memanas

Baca juga: Kapal perang Inggris akan beri pengawalan di Selat Hormuz

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Aris Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar