Dewan Papua harap Palapa Ring sukseskan PON 2020

Dewan Papua harap Palapa Ring sukseskan PON 2020

Anggota Komisi IV DPR Papua Bidang Infrastruktur Thomas Sondegau. ANTARA/HO/Thomas Sondegau/pri.

Jayapura (ANTARA) - Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Papua mengharapkan pembangunan Palapa Ring dapat turut mendukung dan menyukseskan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX pada 2020 di Bumi Cenderawasih.

Anggota Komisi IV DPR Papua Bidang Infrastruktur Thomas Sondegau kepada ANTARA melalui telepon selularnya di Jayapura, Senin, mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi proyek pembangunan "back bone" atau tulang punggung serta optik nasional yang diberi nama Palapa Ring tersebut.

Baca juga: Pengoperasian ring palapa tingkatkan kualitas layanan e-goverment

"Dengan adanya Palapa Ring di Papua ini dapat menguntungkan, pasalnya selama ini akses komunikasi masih sering menjadi hambatan karena terganggu atau macet," katanya.

Menurut Thomas, sehingga dengan diresmikannya proyek Palapa Ring ini diharapkan Provinsi Papua dapat semakin maju lagi dan berkembang.

Baca juga: Pemkab Jayapura harap Palapa Ring sukseskan pasar ekonomi digital

"Kami juga mendorong kepada Presiden Joko Widodo untuk segera merampungkan pembangunan Palapa Ring di Papua ini," ujarnya.

Dia menjelaskan pihaknya mendorong Presiden Joko Widodo segera menginstruksikan kepada BUMN atau dinas terkait yang menangani agar pembangunan khususnya di Papua segera rampung.

Baca juga: Jokowi harap Palapa Ring perkuat perdagangan dan perbaikan birokrasi

"Sehingga ketika PON dilaksanakan, jangan sampai peserta atau rombongan yang datang ke Papua atau siapapun yang hadir mengeluh mengenai jaringan komunikasi," katanya lagi.

Sebelumnya, proyek pembangunan "back bone" atau tulang punggung serat optik nasional diresmikan oleh presiden Joko Widodo pada Senin (14/10).

Di mana proyek tersebut dimulai pada 2016 secara bertahap, mulai dari Palapa Ring Barat, kemudian Palapa Ring Tengah, dan Palapa Ring Timur.

Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar