Turki tangkap empat wali kota dari partai pro-Kurdi

Turki tangkap empat wali kota dari partai pro-Kurdi

Pendukung partai utama Turki pro-Kurdi Partai Demokratik Rakyat (HDP) mengikuti aksi di Diyarbakir, Turki, Rabu (20/6/2018). (REUTERS/Sertac Kayar)

Ankara (ANTARA) - Kepolisian Turki menangkap empat wali kota dari partai pro-Kurdi dalam serangan fajar, memperluas penumpasan sejak Ankara melancarkan operasi militer di Suriah utara pekan lalu, menurut media negara dan partai tersebut pada Selasa.

Wali kota dari Partai Rakyat Demokratik pro-Kurdi (HDP) di distrik Hakkari, Yuksekova, Ercis dan juga Nusaybin dekat perbatasan Turki dengan Suriah dan Irak, ditahan terkait hubungan terorisme, kata HDP dan Kantor Berita Anadolu, tanpa penjelasan lebih lanjut.

Presiden Tayyip Erdogan dan pemerintahannya menuduh HDP memiliki hubungan dengan kelompok milisi Partai Pekerja Kurdi (PKK) dan ribuan anggotanya dituntut dengan alasan serupa, termasuk para pemimpinnya. HDP membantah hubungan semacam itu.

Sementara sebagian besar partai oposisi Turki mendukung operasi tersebut, HDP meminta agar operasi itu dihentikan, dengan menganggapnya sebagai "upaya invasi". HDP menyebutkan operasi tersebut merupakan upaya pemerintah untuk mengantongi dukungan di tengah menurunnya dukungan masyarakat.

HDP mengatakan 151 anggotanya, termasuk pejabat distrik, ditahan selama sepekan terakhir sejak Turki dan sekutu pemberontak Suriah melancarkan serangan.

Sumber: Reuters

Baca juga: Turki copot tiga wali kota pro-Kurdi
Baca juga: Anggota Parlemen Turki pro-Kurdi dihukum 16 tahun penjara

 

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Atman Ahdiat
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar