Galakkan ekonomi kreatif, Gubernur akan bangun Riau Creative Hub

Galakkan ekonomi kreatif, Gubernur akan bangun Riau Creative Hub

Gubenur Riau Syamsuar, bersama Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Triawan Munaf, didampingi Endah Wahyu Sulistianti, Deputi Hubungan antar Lembaga dan Wilayah, Badan ekonomi kreatif, menghadiri acara Sosialisasi Peraturan Presiden no 142 tahun 2018 tentang Rencana Induk Pengembangan Ekonomi Kreatif Nasional tahun 2018-2025 yang diikuti oleh 450 peserta asal Provinsi Sumatera dan Kalimantan, di Pekanbaru, Selasa (15/10). (Riau.Antaranews/Frislidia)

Kami sedang mempersiapkan Riau Creative Hub
Kota Pekanbaru (ANTARA) - Gubernur Provinsi Riau Syamsuar berjanji akan membangun gedung sentra kreatif sebagai wadah promosi ekonomi kreatif di Riau dengan nama Riau Creative Hub.

"Kami sedang mempersiapkan Riau Creative Hub sedangkan DED (Detail Engineering Design) dari gedung ini akan bisa dilihat pada 2020," jelas Syamsuar di Pekanbaru, Riau, Selasa.

Syamsuar menjelaskan itu dalam acara Sosialisasi Peraturan Presiden Nomor 142 tahun 2018 tentang Rencana Induk Pengembangan Ekonomi Kreatif Nasional tahun 2018-2025 yang diikuti oleh 450 peserta dari seluruh provinsi di Sumatera dan Kalimantan yang digelar Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf).

Menurut dia, gedung sentra kreatif ini sudah ada di Bandung, yaitu Bandung Creative Hub dan Riau akan menyontohnya.

Ia mengatakan saat ini Riau memiliki tiga subsektor dari 16 subsektor ekonomi kreatif yang sedang berkembang, yaitu kuliner, kriya, dan fesyen. Sedangkan untuk sektor-sektor lain juga berkembang, namun tidak terekspos.

"Tapi mulai hari ini, kita akan lebih galakkan dan kembangkan. Sektor-sektor lain juga harus terlihat perkembangannya. Apalagi kita sudah punya Komisi Film Daerah (KFD) di Siak yang menjadi percontohan nasional," jelas Syamsuar.

Dengan adanya payung hukum UU Industri Kreatif, kata dia, Pemprov Riau akan memberikan dukungan anggaran, disamping dukungan dari kabupaten dan kota.

Selain itu Pemprov Riau juga membentuk Badan Riau Creative Network (BRCN), sebuah wadah yang menampung kreativitas dan aktivitas komunitas pelaku ekonomi kreatif. Badan tersebut, kata dia, sudah banyak mengikuti kegiatan Bekraf tingkat nasional dan di daerah lain.

Baca juga: PFN bakal gandeng sineas milenial untuk produksi 21 film sampai 2023



 

Pewarta: Frislidia
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Wishnutama paparkan strategi pariwisata dan ekonomi

Komentar