Polda Banten apel pasukan kesiapan pengamanan pelantikan presiden

Polda Banten apel pasukan kesiapan pengamanan pelantikan presiden

Kapolda Banten Irjen Pol Drs Tomsi Tohir memeriksa kesiapan pasukan pengamanan pada apel siaga pengamanan pelantikan presiden dan wakil presiden, di halaman Mapolda Banten, Jumat (Mulyana)

Serang (ANTARA) - Polda Banten melaksanakan apel gelar pasukan kesiapan pengamanan pelantikan presiden dan wakil presiden periode 2019 - 2024 di halaman Mapolda Banten, Jalan Syekh Namawi Al Batani, Serang, Jumat.

Kapolda Banten Irjen Pol Drs Tomsi Tohir sebagai pemimpin apel yang didampingi Danrem 064/MY Kolonel Infanteri Windiyatno mengatakan bahwa apel gelar pasukan ini merupakan wujud kesiapan Polda Banten dalam menciptakan situasi yang aman dan kondusif serta antisipasi kerawanan gangguan kamtibmas yang akan terjadi menjelang dan pascapelantikan presiden dan wakil presiden 2019-2024.

"Personel keamanan harus betul - betul memahami dan menguasai rincian tugas dalam menghadapi segala perkembangan situasi yang terjadi dan melaksanakan pengamanan secara sungguh - sungguh sesuai dengan SOP yang berlaku," kata Irjen Tomsi Tohir.

Lebih lanjut, Kapolda Banten mengatakan, sebelum melakukan aktifitas pengamanan, kepada seluruh personel jangan lupa untuk berdoa sebelum bertugas, bekerja dengan tulus dan ikhlas.

"Semoga hal ini dapat menjadi ladang ibadah dan berkah pahala bagi kita serta diberikan keselamatan pada setiap rangkaian kegiatan pengamanan," kata Tomsi.

Kapolda Banten juga mengajak anggotanya untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan dari berbagai potensi gangguan dan ancaman yang ada dalam setiap kegiatan, terutama pada saat melaksanakan pengamanan di lapangan.

"Personel keamanan jangan under estimate, namun harus over estimate menyikapi setiap perkembangan situasi Kamtibmas. Meningkatkan pengamanan personel dengan metode Buddy System untuk saling melindungi setiap kegiatan pengamanan. Terakhir meningkatkan inter personal skill di lapangan terhadap potensi gangguan, ancaman, teror yang mungkin terjadi," katanya.

Selain Kapolda Banten, turut hadir dalam apel gelar pasukan pengamanan tersebut, Danrem 064/MY, Danlanal Banten beserta para Komandan Satuan, Gubernur Provinsi Banten, Wakapolda Banten, Kajati Provinsi Banten dan Forkopimda Banten.

Jelang pelantikan Presiden pada 20 Oktober 2019, jajaran Kepolisian di seluruh wilayah Indonesia bersiaga melakukan pengamanan, termasuk juga Polda Banten mengirimkan 300 personel Brimob ke Jakarta.

Karo Ops Polda Banten, Kombes Pol Amiluddin Roemtaat, mengatakan, ada sekitar 3 Kompi dari satuan Brimob Polda Banten di BKO-kan untuk membantu pengamanan ibu kota.

"Dalam rangka membantu pengamanan ibu kota, Polda Banten telah mengirim 300 personel dari satuan Brimob. Tiga kompi personel tersebut telah dikirim sejak pengamanan unjuk rasa di Jakarta beberapa waktu yang lalu, termasuk untuk memberikan jaminan keamanan bagi masyarakat lainnya.
Hingga kini personel Brimob Masih Berada di Jakarta," kata Roemtaat.

Baca juga: Polda Banten kirim 300 Brimob bantu pengamanan di Jakarta

Baca juga: Polda Lampung tingkatkan pengamanan objek vital

Baca juga: TNI-Polri di Sulsel siap amankan pelantikan Presiden-Wakil Presiden RI

Baca juga: TNI-Polri pertebal pengamanan bandara, PLN dan Pertamina

 

Pengamanan jelang pelantikan Presiden, Puan ingin bangun citra positif

Pewarta: Mulyana
Editor: Yuniardi Ferdinand
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar