DPR terima surat presiden terkait Idham Aziz pengganti Tito

DPR terima surat presiden terkait Idham Aziz pengganti Tito

Dokumentasi Kepala Kepolisian Indonesia, Jenderal Polisi Tito Karnavian (kiri) menyerahkan tongkat komando kepada pejabat baru Kepala Badan Reserse Kriminal Kepolisian Indonesia, Inspektur Jenderal Polisi Idham Azis (tengah), di Rupatama Markas Besar Kepolisian Indonesia, Jakarta, Kamis (24/1/2019). ANTARA FOTO/Reno Esnir

Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua DPR, Sufmi Dasco Ahmad, mengatakan, Rabu ini DPR telah menerima surat presiden yang berisikan pengajuan nama Komisaris Jenderal Polisi Idham Aziz sebagai calon kepala Kepolisian Presiden, menggantikan Jenderal Polisi Tito Karnavian, yang telah dilantik menjadi menteri dalam negeri.

"Iya benar, namanya Pak Idham Aziz yang tertera dalam Surpres," kata Ahmad, di Jakarta, Rabu. Perwira tinggi polisi yang namanya disebut dalam surat presiden itu sekarang adalah kepala Badan Reserse Kriminal Kepolisian Indonesia. 

Ia mengatakan, surat presiden itu baru diterima DPR pukul 09.00 WIB Rabu ini. 

Menurut dia, proses selanjutnya adalah uji kelayakan dan kepatutan setelah pimpinan dan anggota Komisi III DPR terbentuk. "Menunggu Komisi III DPR disepakati dulu pada pekan depan, setelah itu langsung diadakan uji kelayakan," ujarnya.

Menurut dia, saat ini Plt Kepala Kepolisian Indonesia masih dijabat Komisaris Jenderal Polisi Ari Dono sebelum Komisi III DPR memberikan persetujuan pengajuan calon tunggal kepala Kepolisian Indonesia dari Presiden Jokowi.

Juga baca: Polri siapkan calon pengganti Kapolri bila Tito jadi menteri

Juga baca: Presiden surati DPR sampaikan Ari Dono pengganti Tito Karnavian

Juga baca: DPR setujui usulan pemberhentian Tito

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Pimpinan MPR nilai evaluasi pilkada langsung perlu kajian serius

Komentar