BPBD: Kebakaran hutan tiga lokasi di Garut sudah dapat diatasi

BPBD: Kebakaran hutan  tiga lokasi di Garut sudah dapat diatasi

Petugas berupaya memadamkan kobaran api di Gunung Masigit, Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Rabu (23/10/2019) malam. (ANTARA/HO BPBD Garut)

Garut (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, Jawa Barat, menyebutkan tiga lokasi kawasan hutan yang terbakar sejak Rabu (23/10) sudah bisa diatasi petugas gabungan, Kamis dini hari.

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Garut Tubagus Agus Sofyan, Kamis siang  mengatakan, lokasi kebakaran hutan di Gunung Masigit, Kecamatan Cikajang, hutan konservasi Sancang di Kecamatan Cibalong, dan Pasirbajing di Kecamatan Tarogong Kaler.

"Untuk Sancang belum ada laporan (luas hutan yang terbakar) BKSDA belum ada laporan lagi," kata Tubagus.

Ia menuturkan, kebakaran hutan di Gunung Masigit, Kecamatan Cikajang berhasil dipadamkan pada Rabu tengah malam, namun menjelang Kamis dini hari api kembali membakar areal hutan.
Baca juga: Hutan Gunung Papandayan di Garut terbakar

Petugas, lanjut dia, sempat mengalami kesulitan untuk memadamkan kobaran api yang terjadi di empat titik Gunung Masigit karena lokasinya sulit ditempuh petugas.

"Petugas kesulitan memadamkan dikarenakan medan yang cukup terjal sehingga menyulitkan petugas untuk memadamkan api," katanya.

Ia menyampaikan, petugas gabungan melakukan penjagaan di sekitar pemukiman untuk mengantisipasi api menjalar ke rumah penduduk.

"Petugas BPBD dan Disdamkar berjaga-jaga di sekitar pemukiman, jarak antara titik api dan pemukiman sekitar 50 meter," katanya.
Baca juga: KSDA: Hutan Gunung Guntur Garut tiga kali terbakar selama kemarau

Sedangkan kebakaran di Pasirbajing, Kecamatan Tarogong Kaler, kata Tubagus, sudah berhasil dipadamkan oleh petugas gabungan.

"Luas lahan yang terbakar di Pasirbajing kurang lebih 1 hektare," katanya.

Ia menyampaikan, musim kemarau yang masih melanda Kabupaten Garut seringkali memicu terjadinya kebakaran melanda areal hutan maupun pemukiman rumah penduduk.

Ia menyebutkan, selama musim kemarau sudah terjadi beberapa kali kebakaran hutan seperti di Gunung Guntur, Gunung Cikuray, Gunung Papandayan dan sejumlah areal hutan lainnya di Garut.

"Selama kemarau diharapkan semua pihak untuk selalu mengantisipasi dan waspada," katanya.
Baca juga: Hutan Gunung Cikurai di Garut terbakar

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Robot LUF60 untuk operasi penyelamatan di jalur MRT dan LRT

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar