Jayapura (ANTARA) - Presiden Joko Widodo, dijadwalkan Senin (28/10) meresmikan jembatan Holtekam yang membentang di atas Teluk Youtefa, Kota Jayapura.

Kepala Balai Besar Pembangunan Jalan Nasional (BBPJN) XVIII Jayapura Osman Marbun kepada Antara, Kamis, mengatakan, rencana peresmian jembatan yang dibangun sejak 2013 lalu itu terungkap dalam rapat dengan Pemprov Papua yang dilaksanakan di salah satu hotel di Jayapura.

Sebelum meresmikan jembatan Holtekam, Presiden dijadwalkan berkunjung ke Sorong, kata Marbun seraya menambahkan, selain meresmikan jembatan, Presiden juga akan berkunjung ke Wamena.

Baca juga: Presiden tinjau proyek pembangunan Jembatan Holtekam

Dikatakan, jembatan dan jalan penghubung yang melintas di atas Teluk Youtefa itu mulai dibangun sejak 2013 lalu itu menghabiskan dana seluruhnya sekitar Rp1,8 triliun yang dialokasinya melalui APBN dan APBD.

Secara keseluruhan jembatan tersebut sudah selesai dikerjakan dan bisa diresmikan sehingga dapat dimanfaatkan masyarakat mengingat dengan melintas di jembatan Holtekam jarak tempuh bisa lebih singkat.

Baca juga: Harapan Jokowi untuk jembatan Holtekamp

"Apalagi kawasan Koya dan Kabupaten Keerom saat ini menjadi wilayah perekonomian baru yang terus berkembang sehingga masyarakat khususnya petani bila ingin ke Jayapura bisa langsung melintasi jembatan tersebut," kata Marbun .

Ketika ditanya tentang nama jembatan tersebut, Marbun mengaku belum mengetahui dengan pasti karena masih dibicarakan antara Pemprov Papua dengan Pemkot Jayapura.

“Belum dipastikan nama jembatan yang selama ini selalu disebut sebagai jembatan Holtekam,” ungkap Osman Marbun.

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2019