Jakarta (ANTARA) -
Sedikitnya 131 kepala keluarga di Kelurahan Halim, Kecamatan Makasar, Jakarta Timur, mengalami pemadaman listrik imbas pohon tumbang di Jalan Komodor, Kamis sore.
 
"Totalnya ada ratusan rumah tinggal yang ditempati sekitar 131 kepala keluarga mengalami pamadaman listrik karena pohon tumbang nyangkut di kabel listrik," kata Camat Makasar, Kamal Alatas di Jakarta.
 
Pantauan di lokasi, pohon jenis beringin berdiameter 90 Centimeter dengan ketinggian lima meter yang berdiri di bahu jalan tumbang menimpa rangkaian kabel listrik pukul 16.05 WIB.
 
Sebanyak lima unit tiang listrik dan telpon yang berdiri sejajar dengan pohon di seberang TPU Kebon Pala ikut tumbang karena batang pohon menimpa rangkaian kabel.
 
Sekitar 10 menit berselang, petugas gabungan dari Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur beserta petugas PLN mengevakuasi pohon.

Baca juga: Pohon besar tumbang di Halim
Baca juga: Satu tewas tertimpa pohon tumbang di parkiran Universitas Pancasila
 
Batang pohon dipotong menjadi beberapa bagian menggunakan gergaji mesin dan dievakuasinya menggunakan satu unit mobil box.
 
Kamal mengatakan insiden ini mengakibatkan aliran listrik maupun sambungan kabel telepon menuju empat wilayah RT di RW 01 Halim terputus.
 
"Saat ini masih dalam penanganan PLN. Belum tahu kapan kembali menyala listriknya," katanya.
 
Pohon tumbang diduga kuat terjadi akibat dampak galian tanah dari proyek normalisasi saluran di Jalan Komodor.
 
"Pondasinya ambles karena galian. Makanya pohon sampai kecabut sampai akarnya," katanya.
 
Tidak ada korban luka atau jiwa dalam insiden ini. Namun lalu lintas di Jalan Komodor terpantau padat mulai dari Simpang PGC Halim hingga Gerbang Bandara Halim Perdanakusuma.

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2019