Jakarta (ANTARA) - Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Joseph R. Donovan Jr. berharap 10 duta muda Indonesia, yang terpilih program #IndonesiaUSA70th Youth Ambassador, dapat mempererat kemitraan kedua negara di berbagai bidang, khususnya di bidang kerja sama antarmasyarakat.

Harapan itu disampaikan oleh Donovan usai memberi wejangan kepada 10 duta muda Indonesia di kediaman resmi dubes AS di Jakarta, Jumat.

"Tahun ini kita memperingati 70 tahun hubungan bilateral Indonesia dengan Amerika Serikat, dan pada perayaan tahun ini kita akan fokus menguatkan hubungan antarmasyarakat dua negara yang sebenarnya telah terbangun sejak 1949. Namun, program duta muda Indonesia ini yang nantinya akan menentukan kemitraan Indonesia dan AS pada 70 tahun ke depan dan tahun-tahun berikutnya," kata Dubes Donovan.

Ia menjelaskan 10 duta muda Indonesia yang terpilih merupakan putra dan putri daerah yang telah diseleksi pihak Kedutaan Besar Amerika Serikat untuk Indonesia dan Kementerian Luar Negeri RI.

Para duta muda itu berasal dari beberapa provinsi di Indonesia, di antaranya Aceh, Yogyakarta, Jawa Barat, Papua, Maluku, Nusa Tenggara Timur, dan Kalimantan Timur.

Dalam kesempatan yang sama, Pelaksana Tugas Kepala Sub Ekonomi dan Pembangunan, Direktorat Diplomasi Publik Kemlu RI, Joneri Alimin, mengatakan para duta muda yang terpilih akan mengunjungi empat kota di AS, yaitu Washington DC, San Fransisco, New Orleans, dan New York. Selama tiga pekan, mereka akan bertemu dengan perwakilan pemuda AS, pejabat pemerintah, kalangan profesional, akademisi, dan kelompok suku tradisional.

"Selama program ini berlangsung, kami menugaskan mereka untuk membuat daily vlog (vide berupa catatan harian, red) untuk dibagikan ke seluruh sosial media, dalam video itu, mereka akan menunjukkan kegiatan-kegiatan selama di AS. Sepulangnya dari AS, mereka nanti akan membuat laporan akhir dan mempresentasikannya," terang Joneri.
Pelaksana Tugas Kepala Sub Ekonomi dan Pembangunan, Direktorat Diplomasi Publik Kemlu RI, Joneri Alimin (kiri), memberikan pernyataan di depan awak media usai memberi wejangan kepada 10 duta muda Indonesia di kediaman resmi dubes AS, Jakarta, Jumat (25/10/2019). (ANTARA/Genta Tenri Mawangi/tm)


10 duta muda Indonesia itu akan berangkat ke AS pada Sabtu (26/10) dini hari, tambah dia.

Program #IndonesiaUSA70th Youth Ambassador merupakan kolaborasi kegiatan Outstanding Youth for the World (OYTW) Kementerian Luar Negeri RI dan International Visitor Leadership Program (IVLP) Pemerintah AS.


Baca juga: 10 pemuda berangkat ke AS untuk perkenalkan budaya Indonesia

Baca juga: PBNU-Amerika Serikat kerja sama beasiswa pendidikan

Baca juga: Seniman Amerika promosikan konservasi terumbu karang lewat instalasi


 

Presiden ajak pemuda manfaatkan peluang di revolusi industri 4.0

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2019