Jakarta (ANTARA) - Tim nasional hockey underwater (hoki dalam air) putra menargetkan dapat merebut satu medali emas pada ajang multieven SEA Games 2019 di Filipina pada November 2019.

Meski tim hockey underwater baru terbentuk untuk tampil pertama kali pada pesta olahraga se-Asia Tenggara itu, Andika Gerald dan kawan-kawan optimistis dapat menyumbangkan emas, terlebih mereka sempat menahan imbang Singapura dalam laga uji coba beberapa waktu lalu.

"Kami siap bersaing dan bertekad menyumbangkan medali emas pada penampilan perdana di SEA Games Filipina 2019 nanti," kata kapten tim hockey underwater putra Indonesia Andika Gerald dalam rilis yang diterima Antara di Jakarta, Jumat.

Tekad tim hockey underwater putra Indonesia menyumbangkan medali emas juga disampaikan Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (PB POSSI), Mayjen TNI Marinir (Purn) Buyung Lalana.

"Saya minta pada para atlet ini agar bisa tampil maksimal supaya bisa merebut emas. Apalagi, kita juga punya peluang ini (meraih emas) di nomor putra," ujar Buyung.

Meski ia sadar akan peta kekuatan tuan rumah Filipina dan Singapura yang mendominasi cabang hockey underwater di kawasan Asia Tenggara, ia tetap yakin bisa meraih hasil maksimal dengan usaha keras yang telah dijalani para atlet selama latihan.

"Melihat persiapan baik pada kelompok putra atau putri itu kita udah sampai tahap siap delapan puluh persen. Untuk ke 100 persen itu masih ada waktu yang bisa dimanfaatkan," ucap Buyung.

"Yang penting bagi saya dan jajaran POSSI adalah bagaimana mempertahankan kondisi para atlet supaya stamina terjaga dan disiplin terjaga serta punya semangat bertanding untuk menjadi yang terbaik," katanya.

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2019