Samarinda (ANTARA) - Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Paser, Kalimantan Timur telah mempersiapkan lahan seluas 200 hektare untuk pengembangan tanaman pisang pada tahun 2020.

Kabid Tanaman Pangan dan Holtikultura Distan Paser Yusuf dihubungi dari Samarinda, Rabu, menjelaskan pihaknya telah melakukan survei lokasi lahan yang akan dijadikan pengembangan tanaman pisang.

“Survei sudah dilakukan, para petani juga sudah siap, ” kata Yusuf.

Menurutnya lahan yang sudah disediakan berada di Desa Jone dan Desa Rantau Panjang Kecamatan Tanah Grogot.

Baca juga: Kalbar ekspor perdana pisang kepok ke Malaysia
Baca juga: Geliat bisnis keripik pisang khas Lampung

Ada empat kelompok tani yang siap mengembangkan tanaman pisang, tiga kelompok tani dari Desa Jone dan satu kelompok tani dari Desa Rantau Panjang. Lahan tersebut bersebelahan letaknya.

Sebelumnya Kabupaten Paser pernah menjadi sentra pengembangan tanaman pisang di Desa Kasungai, Kerang Dayo dan Desa Lomu Kecamatan Batu Engau.

Namun usaha tersebut, kata Yusuf, terhenti karena dinilai tidak memiliki pasar yang jelas untuk menampung panen tanaman pisang.

"Tetapi saat ini Dinas Pertanian Paser yakin untuk mengembangkan tanaman pisang karena sudah ada pasar yang jelas dari Malaysia," katanya.

Baca juga: Peluang ekspor, permintaan pisang dari Malaysia disebut 300 ton/minggu
Baca juga: Kebun Plasma Pisang Yogyakarta didorong hasilkan kultivar baru


Dikatakannya saat ini dimulai lagi pengembangan tanaman pisang karena pangsa pasar sudah ada, bahkan sudah dilakukan kerja sama antara Balai Karantina Pertanian Balikpapan dengan pengusaha Malaysia. 

Yusuf mengungkapkan Distan Paser telah mengusulkan bantuan melalui APBN. Namun hasil dari koordinasi dengan Subdit Buah dan Hortikultura, Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian, bantuan tersebut baru bisa dialokasikan pada tahun 2021.

“Hal itu karena pada tahun 2020 Paser sudah dapat alokasi untuk pengembangan sentra jeruk seluas 100 hektare. Kemungkinan usulan bantuan untuk pisang terealisasi tahun 2021,” ujar Yusuf.

Baca juga: Pisang Pontianak masuk pasar ekspor
Baca juga: Kaesang resmikan gerai Sang Pisang di Kuala Lumpur


 

Pewarta: Arumanto
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2019