Kualifikasi Piala Eropa 2020

Wales jaga asa ke putaran final usai taklukkan Azerbaijan

Wales jaga asa ke putaran final usai taklukkan Azerbaijan

Sundulan pemain Wales, Kieffer Moore, yang merobek jala gawang Azerbaijan dalam laga lanjutan kualifikasi Piala Eropa 2020 di Stadion Bakcell Arena, Minggu (17/11/2019) WIB. (ANTARA/REUTERS MARKETPLACE/PRESS ASSOCIATION)

Jakarta (ANTARA) - Wales menjaga asa lolos ke putaran final usai menang 0-2 atas Azerbaijan dalam pertandingan kualifikasi Piala Eropa 2020 di Stadion Bakcell Arena, Minggu dini hari WIB.

Dua gol Wales dicetak dari sundulan Kieffer Moore saat laga baru memasuki menit 10, dan Harry Wilson pada menit ke-34. Kemenangan ini membuat mereka terpaut satu poin dari Hungaria (12 poin) yang menempati osisi kedua, demikian catatan resmi UEFA.

Wales masuk gelanggang dengan kepercayaan diri tinggi setelah Gareth Bale dipastikan pulih dari cedera dan akan tampil dalam laga ini.  Pelatih Ryan Giggs juga memanggil Aaron Ramsey yang kembali bergabung sejak terakhir bermain bersama timnas pada November 2018.

Wales membutuhkan kemenangan pada dua laga terakhir untuk menjaga asa lolos ke putaran final Piala Eropa 2020. Namun, dengan catatan, Kroasia harus mengalahkan Slowakia yang memiliki poin 10, baru bertanding satu jam setelah pertandingan Azerbaijan melawan Wales.

Baca juga: Hazard bersaudara jaga catatan sempurna Belgia

Rival Wales lainnya, Hungaria, akan menghadapi mereka pada pertandingan terakhir di hadapan publik sendiri di Wales.

Bermain di Azerbaijan, Wales tampil dominan. Mereka mampu melepaskan 11 kali percobaan tendangan ke arah gawang, di mana lima di antaranya mengarah ke mulut gawang. Berbanding dua percobaan tendangan dari Azerbaijan pada babak pertama.

Gol Wales baru hadir pada menit ke-10 lewat sundulan Kieffer Moore yang berawal dari umpan silang Harry Wilson. Moore memenangkan duel dengan bek lawan untuk kemudian merobek jala gawang Emil Balayev.

Harry Wilson menggandakan keunggulan pada menit 34 usai memaksimalkan bola liar sepakan Daniel James yang sebelumnya membentur mistar gawang.

Baca juga: Henderson dan Gomez akan absen di laga Inggris kontra Kosovo

Pada babak kedua, Azerbaijan yang tak ingin dipermalukan mengambil inisiatif serangan. Lima menit sejak peluit dibunyikan, mereka menciptakan tiga peluang melalui tendangan sudut.

Wales tak mau mengendorkan serangan. Mereka mengurung pertahanan anak-anak asuh Nikola Jurcevic itu. Harry Wilson sempat membuat peluang emas pada menit 56, namun Balayev menepis hingga bola keluar lapangan.

Hingga pertandingan usai, skor 0-2 untuk kemenangan Wales. Dengan hasil ini Wales harus menjalani laga hidup mati melawan Hungaria pada Rabu (20/11), sembari berharap Kroasia mengalahkan Slowakia.

Baca juga: Italia mantapkan puncak klasemen tanpa kekalahan

Susunan pemain;
Azerbaijan (4-2-3-1):
Emil Balayev, Pavel Pashayev, Bahlul Mustafazade, Badavi Huseynov, Anton Krivotsyuk (Temkin Xelilzade), Gara Garayev, Richard Almeida, Araz Abdullayev (Agabala Ramazanov), Dimitrij Nazarov (Cavid Huseynov), Zaur Saydayev, Shariyar Rahimov.
Pelatih: Nikola Jurcevic

Wales (4-2-3-1): Wayne Hennessey, Connor Roberts, Tom Lockyer, Chris Mepham, Ben Davies, Ethan Ampadu, Gareth Bale (Aaron Ramsey), Joe Morrell, Harry Wilson, Daniel James (Rabbi Matondo), Kieffer Moore.
Pelatih: Ryan Giggs

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2019

12 pemuda Bandung siap berjuang di kejuaraan HWC 2019

Komentar