Denpasar (ANTARA) - Pemerintah Kota Denpasar menjadi tuan rumah The Climate Leadership Program Workshop Phase III City Net dihadiri perwakilan negara Asia-Pasifik yang diselenggarakan di Sanur, Bali.

Wakil Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara di Denpasar, Selasa, mengatakan kegiatan tersebut merupakan serangkaian dari  38th Executive Meeting City Net  dengan mengangkat tema, yakni  For a Better, Greener and Smarter City Toward Resilent and Sustainable City.

"Kami bangga Kota Denpasar menjadi tuan rumah kegiatan internasional The Climate Program Workshop Phase III City Net. Dari kegiatan ini diharapkan mampu menghasilkan pemikiran serta strategi inovasi manajemen perkotaan berkelanjutan," ucapnya.

Ia berharap melalui kegiatan tersebut dapat menghasilkan rumusan serta pemikiran dan inovasi manajemen perkotaan secara berkelanjutan, khususnya bagi hal-hal yang lebih baik, lebih hijau dan kota cerdas melalui ketangguhan kota, serta menjadi kota berkelanjutan," ujar Jaya Negara.

Baca juga: Diplomasi lingkungan hidup Indonesia didorong untuk tonjolkan isu laut

​​​​​​​
Lebih lanjut dijelaskan, Kota Denpasar secara resmi telah bergabung menjadi anggota Asia Pasifik City Net pada 7 November 2019. Dengan bergabungnya Kota Denpasar diharapkan mampu menjadi ajang penjajakan kerja sama persahabatan, berbagi pengalaman, bertukar gagasan, dalam penerapan strategi inovatif menuju pembangunan keberlanjutan.

Selain itu, kata Wakil Wali Kota Jaya Negara, dari kegiatan ini diharapkan mampu mengembangkan kapasitas pemimpin dan calon pemimpin untuk menjadi inovatif, profesional, dan visioner serta pengembangan kepemimpinan berdasarkan serta manajemen pengetahuan, tantangan transformasi dan pengembangan masyarakat yang merupakan aspek penting untuk perumusan dan implementasi kebijakan.

"Terjadinya perubahan dunia, baik karena iklim, perdagangan, pariwisata, transportasi dan teknologi melalui spirit globalisasi dalam mengimplementasikan agenda global menuju pembangunan keberlanjutan, dan masyarakat diwajibkan kreatif dan kritis dalam menyikapi perubahan," katanya.

Atas nama pemerintah dan masyarakat Kota Denpasar, Jaya Negara menyampaikan terima kasih kepada seluruh delegasi dan wali kota anggota City Net yang telah memberikan dukungan dan kepercayaan terhadap Kota Denpasar untuk menjadi tuan rumah kegiatan ini. Semoga dapat berjalan lancar dan sesuai harapan kita bersama.

Deputy Secretary General Asia Pasifik City Net, Aisa Tobing mengatakan bahwa permasalahan iklim merupakan komitmen global. Dimana diperlukan aksi dari level kota untuk mengentaskan permasalahan tersebut.

"Dari kegiatan ini, kami ingin melihat inovasi setiap anggota City Net dalam mengatasi dan menyikapi perubahan iklim, sehingga dapat mengentaskan permasalahan perubahan iklim dengan projek untuk upaya aksi dalam menyikapi perubahan iklim dan permasalahan strategis internasional," katanya.

Baca juga: Wali Kota Denpasar pembicara "City Net Forum" di Nepal

Pewarta: I Komang Suparta
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2019