Kondisi diperparah dengan angin yang cukup kencang
Banjarmasin (ANTARA) - Dinas Sosial Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan mengirimkan  600 paket  bantuan berupa makanan, pakaian, kasur dan lainnya untuk korban kebakaran di permukiman warga Desa Sungai Bali, Kecamatan Pulau Sebuku Kotabaru, Sabtu (23/11/2019) sekitar pukul 22.00 Wita.

Kepala Dinas Sosial Siti Nuriani di Banjarmasin Minggu mengatakan, saat ini tim sedang melakukan pendataan terhadap seluruh korban kebakaran yang diperkirakan mencapai ratusan rumah.

"Sampai saat ini kami bersama tim masih melakukan pendataan untuk memastikan berapa jumlah rumah yang terbakar. Informasi sementara, mencapai sekitar 400 rumah, 600 kepala keluarga dan ribuan anggota keluarga kehilangan rumah. Namun kita masih menunggu jumlah pastinya, itu baru perkiraan," katanya.

Pemerintah melalui APBN telah menganggarkan bantuan senilai Rp161 juta, untuk penyaluran berbagai paket kebutuhan korban tersebut. Sedangkan dari APBD, tambah dia, sedang dalam proses penghitungan.

"Dari APBD, kami perkirakan hari ini juga telah selesai perhitungan, sehingga bantuan bisa segera dikirim," katanya.

Baca juga: Polres Kotabaru selidiki penyebab kebakaran satu desa di Pulau Sebuku


Mengantisipasi berbagai kemungkinan terhadap seluruh korban kebakaran, kata dia, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan BPBD provinsi maupun kabupaten, untuk kepentingan pemberian bantuan.
 
Paket bantuan untuk korban kebakaran di permukiman warga Desa Sungai Bali, Kecamatan Pulau Sebuku Kotabaru, Sabtu (23/11/2019) sekitar pukul 22.00 Wita. (ANTARA/HO-Kodim 1004 Kotabaru)

Siti mengatakan, peristiwa kebakaran yang terjadi kali ini sangat menyedihkan, karena jumlahnya cukup besar.

Api lambat ditangani, karena lokasi yang sangat jauh dan harus mengendarai speed boat dari Kotabaru menuju tempat kejadian selama sekitar satu jam.

Kondisi tersebut, diperparah dengan angin yang cukup kencang, sehingga api dengan cepat menyebar dari rumah satu ke rumah lainnya.

"Awalnya puluhan rumah, kemudian terus bertambah hingga ratusan rumah," katanya.

Kepala BPBD Kalsel Wahyudin mengatakan, saat ini dia sedang mendampingi Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor bersama tim Forkopimda di lokasi kebakaran.

"Saya baru saja sampai di lokasi kebakaran bersama bapak gubernur, secepatnya kami akan mengadakan rapat untuk memastikan langkah-langkah yang akan diambil," katanya.


Baca juga: Ratusan rumah di Sungai Bali Kotabaru hangus terbakar
 

Pewarta: Ulul Maskuriah/Latif Thohir
Editor: Dewanti Lestari
Copyright © ANTARA 2019