SEA Games 2019

Trigol Osvaldo warnai pesta gol Indonesia ke gawang gawang Brunei

Trigol Osvaldo warnai pesta gol Indonesia ke gawang gawang Brunei

Pemain Timnas U-22 Indonesia Saddil Ramdani (tengah) menggiring bola dibayangi pemain Timnas Brunei Darussalam Adi Bin Said (kiri) dan Muhammad Hanif Farhan dalam pertandingan Grup B SEA Games 2019 di Stadion Sepak Bola Binan, Laguna, Filipina, Selasa (3/12/2019). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/pras.

Jakarta (ANTARA) - Trigol Osvaldo Haay mewarnai kemenangan besar tim nasional Indonesia U-22 8-0 atas Brunei Darussalam dalam pertandingan Grup B SEA Games 2019 yang dimainkan di Stadion Binan, Selasa.

Kemenangan itu membawa Indonesia naik ke peringkat kedua klasemen grup dengan menggeser Thailand. Indonesia dan Thailand sama-sama memiliki sembilan poin, tetapi Indonesia unggul satu gol pada perhitungan selisih gol.

Laga baru berlangsung sepuluh menit saat Garuda Muda membuka keunggulan melalui gol Osvaldo Haay. Osvaldo yang kali ini dipasang sebagai pemain inti memaksimalkan umpan tarik Saddil Ramdani dengan sepakan menembus gawang Brunei.

Tertinggal satu gol tidak membuat Brunei gentar. Meski lebih banyak ditekan, mereka mencoba mencuri peluang melalui permainan sporadis. Muhammad Hanif Aiman sempat mengancam melalui tembakannya, namun bola masih dapat diantisipasi kiper Muhammad Riyandi.

Osvaldo kembali mengancam gawang Brunei pada menit ke-37, tetapi tembakannya mengarah lurus ke kiper Haimie Anak Nyaring.

Indonesia baru berhasil menggandakan keunggulan pada menit ke-40. Saddil kembali menjadi pengumpan, kali ini dengan sepakan tumit, yang diteruskan oleh Egy Maulana Fikri dengan sepakan kaki kanan menembus gawang Brunei.

Lima menit berselang, Osvaldo mengemas gol keduanya sekaligus gol ketiga Indonesia. Osvaldo yang menerima umpan terobosan dari Egy, mencungkil bola untuk kembali bersarang ke gawang lawan.

Pasukan Indra Sjafri kembali mengemas gol saat babak kedua baru berusia empat menit. Diawali pergerakan menusuk Osvaldo di sisi kiri kotak penalti Brunei, ia mengirim umpan tarik mendatar untuk diselesaikan dengan mudah oleh Saddil.

Pada menit ke-51, Egy memiliki peluang bagus namun tembakannya dapat ditepis kiper Haimie dan hanya menghasilkan tendangan sudut.

Indonesia mendapatkan gol kelimanya pada menit ke-68. Egy berperan sebagai pengumpan, dan bola dapat disambar oleh pemain pengganti Witan Sulaeman.

Gawang Brunei kembali terancam pada menit ke-70 saat bola sepakan Evan Dimas mengarah lurus ke kiper. Namun dua menit berselang gawang Brunei kemasukan untuk keenam kalinya saat Osvaldo mendapat operan dari Syahrian Abimanyu. Ia mampu mengatasi pengawalan lawan dan melepaskan tembakan kaki kiri untuk menandai trigolnya di laga ini.

Kapten Indonesia Andy Setyo seolah tidak mau ketinggalan menuliskan nama di papan skor pada menit ke-77. Dari tendangan sudut Sani Rizki, Andy menanduk bola untuk merobek gawang Brunei.

Baca juga: Timnas U-22 bidik emas SEA Games 2019

Baca juga: Vietnam targetkan emas sepak bola SEA Games


Egy menutup pesta gol Indonesia melalui golnya dua menit kemudian. Mendapat operan dari sisi kiri kotak penalti Brunei, Egy mengontrol bola dan mengakhirinya dengan tembakan kaki kanan.

Evan Dimas memiliki satu peluang bagus terakhir untuk menambah perbendaharaan gol Indonesia. Sayang tendangan bebasnya pada menit ke-92 masih membentur tiang gawang Brunei.

Susunan pemain:

Indonesia: Muhammad Riyandi, Setyo Andy Nugroho, Nurhidayat, Bagas Adi, Evan Dimas, Zulfiandi (Feby Eka Putra 82'), Egy Maulana Vikri, Asnawi Mangkualam, Saddil Ramdani (Witan Sulaeman 65'), Syahrian Abimanyu (Sani Rizki 75'), Osvaldo Haay

Brunei Darussalam: Haimie Nyaring, Muhammad Aminuddin, Muhammad Nur Asyraffahmi, Muhammad Nur Ikhmal, Faiq Jefri Bolkiah, Muhammad Hanif Farhan, Haziq Azim, Muhammad Rahimin, Mohammad Amin, Muhammad Hanif Aiman (Hakeme Yazid 42'), Adi bin Said


Baca juga: Menpora minta hasil sepak bola jadi energi positif SEA Games 2019

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Greysia/Apriani beri emas ketiga bulu tangkis

Komentar