Menteri PUPR meminta BUJT tingkatkan kualitas layanan jalan tol

Menteri PUPR meminta BUJT tingkatkan kualitas layanan jalan tol

Rest Area KM360 B Tol Semarang-Batang di Jawa Tengah yang dikelola Jasa Marga. ANTARA/Andi Firdaus/am.

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan atau PUPR Basuki Hadimuljono meminta Badan Usaha Jalan Tol atau BUJT agar terus meningkatkan kualitas layanan jalan tol secara berkelanjutan.

  Menteri Basuki mengatakan bahwa peningkatan tersebut harus dilakukan mengingat kebutuhan dan ekspektasi publik yang semakin tinggi.

  "Lingkungan jalan tol yang lebih baik akan berkontribusi terhadap kenyamanan dan keselamatan dalam mengemudi di jalan tol, khususnya tidak hanya jalannya tetapi juga rest areanya," katanya dalam keterangan resminya di Jakarta, Minggu.

  Kualitas Tempat Istirahat dan Pelayanan atau TIP (rest area) secara menyeluruh harus mampu memberikan layanan bagi pengguna pada beberapa aspek utama yakni kenyamanan, kerapihan atau kualitas lingkungan, dan kelengkapan fasilitas, termasuk memenuhi fasilitas kesetaraan gender bagi kaum difabel, orang lanjut usia, wanita, dan anak-anak.

  TIP juga harus memenuhi aspek keberlanjutan yang sesuai dengan kriteria dalam Permen PUPR No.10 Tahun 2014 dan Permen PUPR No 12 Tahun 2018 yakni terpenuhinya fungsi utama di ruas jalan tol seperti aspek kelancaran, keselamatan, dan kenyamanan pengguna ruas jalan tol.

  Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mendorong seluruh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) untuk dapat memenuhi dan meningkatkan pelayanan di Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP)/ rest area diantaranya kelengkapan fasilitas, kebersihan, kerapihan dan komposisi ruang usaha bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

  Sebelumnya PT Jasa Marga Tbk melalui anak usahanya, PT Jasa Marga Restarea Batang menghabiskan dana investasi Rp70 miliar dalam Program Sinergi BUMN untuk membangun tempat istirahat (rest area) KM360 B Tol Semarang-Batang, Jawa Tengah.

  Berdiri di atas lahan seluas 7,6 hektare sejak 2018, rest area 360 menjadi tempat peristirahatan pengendara dengan fasilitas terlengkap di Indonesia.

  Rest area seluas 7,6 hektare itu dilengkapi total 58 fasilitas layanan bagi pengunjung mulai dari layanan standar hingga wisata.

  Mengusung konsep sebagai rest area hijau, pengelola menyediakan sejumlah fasilitas perdana dari seluruh rest area di Indonesia.

  Salah satunya kebun binatang berskala mini akan menempati lahan seluas 3.000 meter per segi di dalam rest area.

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Menhub: Bandara Kediri mulai dibangun April 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar