Pemberian penghargaan Adikarya kepada Colosseum dianggap tidak cermat

Pemberian penghargaan Adikarya kepada Colosseum dianggap tidak cermat

Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah berikan keterangan kepada awak media di Balai Kota Jakarta, Senin (16/12/2019) (ANTARA/Laily Rahmawaty)

surat pernyataan serta tahapan-tahapan, tim tidak cermat
Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Daerah DKI Jakarta, Saefullah mengatakan panitia tidak cermat melakukan tahapan-tahapan dalam pemberian penghargaan Adikarya Wisata 2019 hingga meloloskan Diskotek Colosseum sebagai salah satu penerima anugerah.

"Berdasarkan fakta-fakta, ada kunjungan BNNP, adanya surat teguran dari Kepala Dinas Parbud dan surat pernyataan serta tahapan-tahapan, tim tidak cermat," kata Saefullah, di Balai Kota Jakarta, Senin.

Pemerintah DKI Jakarta telah membatalkan pemberian penghargaan Adikarya Wisata tahun 2019 kepada Diskotek Colosseum dengan mempertimbangkan sejumlah fakta-fakta.

Fakta-fakta yang dimaksudkan yakni adanya surat dari Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) DKI Jakarta yang ditujukan kepada Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta pada 10 Desember 2019.

Baca juga: Penghargaan Adikarya Wisata kepada Diskotek Coloseum dibatalkan

Surat tersebut menyampaikan hasil kegiatan BNNP (razia) terhadap pengunjung di Diskotek Colosseum pada tanggal 7 Desember 2019 diindikasi ada penggunaan narkoba.

BNNP sempat merekomendasikan kepada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta untuk meninjau operasi Diskotek Colosseum.

"Ini menjadi catatan kita," kata Saefullah.

Atas rekomendasi tersebut, Diparbud telah memanggil dan mengeluarkan surat tertulis kepada pemilik usaha dan telah diminta untuk membuat surat tertulis agar meningkatkan pengawasan intensif kepada pengunjungnya.

"Jadi ada dua surat BNNP dan Disparbud juga sudah berikan surat teguran," kata Saefullah.

Dengan mempertimbangkan dua fakta tersebut maka Pemprov DKI Jakarta membatalkan penghargaan Adikarya Wisata 2019 kepada Diskotek Colosseum.

Saefullah menyebutkan pemberian penghargaan kepada Colosseum diputuskan oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta dengan SK Nomor 388 Tahun 2019 yang dibubuhi tanda tangan cetak Gubernur DKI Jakarta, bukan tanda tangan basah.

Penghargaan Adikarya Wisata merupakan penghargaan kepada usaha pariwisata yang memiliki kinerja bisnis yang unggul dan berprestasi dalam memberikan pelayanan kepada wisatawan serta berkontribusi dalam pembangunan di DKI Jakarta.

Pada 2019 total ada 155 pelaku usaha, institusi dan perusahaan yang ditetapkan menjadi nominator penghargaan yang terbagi dalam 31 kategori.

Proses penilaian meliputi seleksi administrasi, penilaian kinerja, penilaian akhir dengan mengunjungi tempat usaha para nominator.

Baca juga: 31 pelaku industri pariwisata peroleh Anugerah Adikarya Wisata 2019

Sebelumnya, beredar sebuah foto sertifikat penghargaan yang diberikan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kepada Diskotek Colosseum di media sosial.

Dalam foto tersebut, tercantum, Colosseum mendapat penghargaan kategori Klub dan Diskotek untuk jenis usaha Hiburan dan Rekreasi. Di bawah sertifikat terlihat tanda tangan Anies mengesahkan penghargaan tersebut.

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar