Tanjungpandan, Belitung (ANTARA News) - Rencana kunjungan Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas, istri Raja Jogja Sri Sultan Hamengku Buwono X ke Pulau Belitung, masih menunggu konfirmasi dari sekretarisnya, karena kondisi kesehatan beliau yang dikhabarkan menurun, ujar Fajar Fairy Husni, selaku fasilitator kunjungan Gusti Kanjeng Hemas.

Fajar Fairy Husni yang juga anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) wilayah pemilihan Bangka Belitung (Babel) itu di Tanjungpandan, Senin, mengungkapkan, rencananya Gusti Kanjeng Hemas menyaksikan langsung keindahan panorama Pulau Belitung yang tergambar di film Laskar Pelangi besutan sutradara Riri Riza dan diproduseri `Miles Production` milik Mira Lesmana.

Jadwal kedatangan yang sudah diatur sedemikian rupa oleh Fajar, hingga melibatkan pihak pemerintah Kabupaten Belitung dalam penyambutannya, di luar dugaan meleset dari rencana semula.

"Minggu (11/01) siang, beliau sudah pegang tiket Sriwijaya Air dengan nomor penerbangan SJ-022, dan kembali ke Jakarta Senin (12/01) dengan pesawat Sriwijaya Air dengan nomor penerbangan SJ-023.

"Sambil menunggu kepastian kedatangan GKR Hemas, kita sama-sama mendo`akan agar beliau tetap diberikan kesempatan untuk berkunjung ke Pulau Belitung dalam keadaan kondisi kesehatan yang prima, agar kita bisa promosikan potensi wisata Pulau Belitung kepada beliau. Siapa tahu beliau berkenan berinvestasi di Pulau Belitung, " Fajar

Selama ini memang sudah diketahui oleh umum bahwa GKR Hemas memang dikenal sebagai wanita pengusaha dan memiliki banyak hubungan untuk pengembangan potensi wisata selain sebagai anggota DPD dari daerah utusan Yogyakarta.

Ketika ditanyakan apakah kedatangan GKR Hemas ke Pulau Belitung juga dimaksudkan untuk kepentingan pencalonan Sri Sultan pada pilpres 2009, Fajar memastikan bahwa kunjungan GKR Hemas dimaksudkan untuk kepentingan wisata dan silaturahmi dengan masyarakat Jawa yang ada di Pulau Belitung khususnya dan masyarakat Pulau Belitung sendiri.

"Saya menawarkan kepada GKR Hemas sebagai sesama anggota DPD RI, silahkan Ratu Hemas datang ke Belitung, siapa tahu juga pernah ada masyarakat atau pelajar dan mahasiswa asal Belitung yang pernah studi di Jogja dan dibantu biaya pendidikannya oleh Sri Sultan atau GKR Hemas secara langsung maupun tidak langsung yang tidak diketahuinya.

Karena banyak juga masyarakat dan pelajar serta mahasiswa Belitung yang studi di Jogja. Kunjungan beliau juga disambut hangat oleh Wakil Bupati Belitung terpilih, Shanai Saleh, BA, dan siap menyambut walaupun tidak dengan protokoler yang formil," jelas Fajar.

"Saya berusaha keras sebagai masyarakat Belitung untuk terus memajukan industri wisata dengan beragam potensinya. Jadi kedatangan wartawan TV swasta nasional tersebut tidak semata-mata meliput kehadiran GKR Hemas saja, melainkan juga mensyut keindahan alam Pulau Belitung sebagai bagian dari promosi keluar Belitung," demikian Fajar mengakhiri pembicaraan.(*)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009