Jemaat diimbau berpakaian rapi dan sopan serta tidak mengenakan perhiasan yang berlebihan dan saling menjaga ketertiban dan keamanan bersama,
Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Resort Rawamangun Jakarta, Charles Tampubolon mengimbau kepada para jemaat yang akan mengikuti ibadah malam Natal 2019 pada Selasa untuk tidak membawa kendaraan.

"Demi keamanan dan kelancaran pelaksanaan ibadah malam Natal, kami mengimbau kepada jemaat HKBP Rawamangun untuk tidak membawa kendaraan karena tidak ada tempat parkir di lingkungan gereja," kata Charles saat ditemui di Jakarta, Selasa.

Charles menambahkan pihaknya mempersiapkan tempat untuk ibadah malam Natal hingga 3.000 orang, termasuk di halaman HKBP Rawamangun yang sudah dipasangi tenda.

Baca juga: Polres Banjarnegara sterilisasi gereja jelang Natal 2019

Bila jemaat tidak memungkinkan untuk tidak membawa kendaraan, HKBP Rawamangun mempersiapkan area parkir di halaman SMK 26 dan Kantor Badan Keamanan Laut (Bakamla) yang berada di ujung Jalan Balai Pustaka.

"Jemaat diimbau berpakaian rapi dan sopan serta tidak mengenakan perhiasan yang berlebihan dan saling menjaga ketertiban dan keamanan bersama," tambahnya.

Untuk keamanan dan kelancaran ibadah malam Natal, petugas keamanan akan memeriksa tas dan bawaan para jemaat. Charles mengatakan HKBP Resort Rawamangun mengerahkan sembilan orang petugas keamanan.

Baca juga: Polda Sumut siapkan 103 pos keamanan dan 38 pos pelayanan Natal

"Biasanya pengamanan juga dibantu dari TNI/Polri, organisasi kemasyarakatan, Satpol Pamong Praja DKI Jakarta, dan Dinas Perhubungan DKI Jakarta," ujarnya.

Ibadah malam Natal mengambil tema "Hasisingkop ni Bagabaga ni Debata" atau "Penggenapan Janji Allah" yang diambil dari Injil Lukas 1:26-38.

Ibadah malam Natal berbahasa Batak akan diadakan pukul 16.00 WIB dilayani Pendeta Manumpak Sihombing, sedangkan ibadah malam Natal berbahasa Indonesia akan diadakan pukul 19.00 dilayani Pendeta Midian KH Sirait.

Baca juga: 34 gereja di Kabupaten Kudus mendapat pengamanan polisi

Pewarta: Dewanto Samodro
Editor: Hendra Agusta
Copyright © ANTARA 2019