Guskamla Koarmada I siaga sepanjang perayaan Natal dan Tahun Baru 2020

Guskamla Koarmada I siaga sepanjang perayaan Natal dan Tahun Baru 2020

Jajaran aparat Guskamla Koarmada I bersiaga selama perayaan Natal dan Tahun Baru 2020 (ANTARA/Dok Guskamla Koarmada I)

Batam (ANTARA) - Guskamla Koarmada I memberlakukan siaga sepanjang perayaan Natal dan Tahun Baru 2020 demi memastikan keamanan laut tetap kondusif.

"Kesiapsiagaan selama perayaan Natal dan menyambut Tahun Baru 2020 oleh seluruh unsur KRI di bawah kendali operasi Guskamla Koarmada I tetap dipertahankan, untuk menjamin situasi kondusif keamanan laut yang terkendali di seluruh wilayah kerja Koarmada I," kata Danguskamla Koarmada I, Laksma TNI Yayan Sofiyan dalam siaran pers, Rabu.

Baca juga: Mahfud: Pengamanan Natal dan Tahun Baru 2020 sudah disiapkan

Baca juga: DPR dorong Polri-TNI tingkatkan keamanan jelang Natal-Tahun Baru

Baca juga: Polda Sulsel siagakan 5.630 personel amankan Natal dan Tahun Baru


Kesiapsiagaan harus tetap dipertahankan, karena menurut dia, momentum perayaan hari besar kerap dimanfaatkan sebagian pihak untuk melakukan tindakan kekerasan dan gangguan keamanan di laut.

Aparat juga harus siaga terhadap aktivitas illegal di laut, seperti penyelundupan yang merugikan negara yang biasanya marak pada momen momen tertentu.

Seluruh jajaran Guskamla I melaksanakan siaga Ops Kamla.

Yayan langsung berkomunikasi dengan seluruh komandan KRI yang berada di bawah Komando Guskamla I, untuk menyampaikan ucapan Natal dan Tahun Baru 2020.

Ia juga menyampaikan arahan operasi kepada seluruh Komandan KRI agar tetap siaga mengantisipasi berbagai kemungkinan, serta memerintahkan untuk melaksanakan pemeriksaan secara teliti terhadap kontak-kontak yang dicurigai.

Rangkaian kegiatan pengaman yang dilaksanakan selama perayaan Natal dan Tahun Baru antara lain pengendalian unsur dan pengamatan udara langsung oleh Patmar P 8304, doa dan dzikir bersama menyongsong pergantian tahun di Masjid Guskamla I.

Pihaknya juga mengunjungi personel yang merayakan Natal, bersinergi dengan Polda Kepri ke sejumlah tempat peribadatan dan personel TNI Polri yang sedang bertugas mengamankan Tahun Baru, serta mencek kesiagaan Jaga Puskodal Koarmada I

Pewarta: Yuniati Jannatun Naim
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Koarmada I tangkap kapal Hong Kong bermuatan besi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar