Duri Hitam juara kontes Durian Banjar 2020

Duri Hitam juara kontes Durian Banjar 2020

Penjurian dalam kontes durian yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Banjar, Rabu (8/1/2020). (Antaranews Kalsel/Latif Thohir)

Martapura (ANTARA) - Buah durian yang diberi nama oleh pemiliknya "Duri Hitam" berhasil menjadi juara kontes durian yang digelar di Desa Mandikapau Barat, Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan.

Selain kontes durian, kegiatan yang digagas Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Banjar, Rabu, juga digelar olahan berbahan durian dan gelar buah eksotik Banjar tahun 2020 yang merupakan agenda tahunan.

Bupati Banjar Khalilurrahman mengatakan, kontes durian yang menjadi agenda tahunan Pemkab Banjar bisa saja digelar di tingkat nasional sehingga bersaing dengan durian dari berbagai daerah.

"Kami menilai kontes ini bisa saja digelar di tingkat nasional dan jika terlaksana tentunya buah durian unggul dari Kabupaten Banjar bisa bersaing dengan durian dari berbagai daerah Indonesia," ujarnya.

Baca juga: Kalsel lestarikan maharawin dan mantuala

Baca juga: Sutarmidji akan ajak Presiden Jokowi tanam durian unggul di Kalbar

Baca juga: Pengusaha sarankan tiga durian unggulan kuasai pasar ekspor


Ia mengatakan, durian-durian yang ada di Kontes Durian Mandikapau Barat merupakan durian milenial tetapi disukai semua kalangan karena aroma dan rasanya yang legit dan lembut di lidah.

Diharapkan, selain sebagai festival yang bertujuan mencari varietas durian lokal untuk diusulkan menjadi varietas unggulan nasional, juga memotivasi petani yang berada di sentra produksi buah-buahan.

"Melalui festival durian ini, kita bisa mengembangkan usaha ekonomi kerakyatan melalui perkebunan serta meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat sekitar," ucap bupati yang juga ulama itu.

Dikatakan Guru Khalil, Kabupaten Banjar merupakan penghasil durian terbesar di Kalsel dan telah memiliki varietas durian lokal yang menjadi varietas unggul nasional seperti si Jagung, si Hijau dan si Dodol.

Pemenang kontes "Duri Hitam", Eldi Afani dari Desa Mandikapau Barat berhak atas uang pembinaan dan plakat termasuk pemenang lain dengan nama "Satria" dan "Belek".

Tak hanya itu, buah durian pemenang juga langsung didaftarkan ke Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian Kementerian Pertanian sebagai varietas unggul di samping hadiah dari sponsor.*

Baca juga: Festival durian digelar warga Pulau Sebatik, perbatasan RI-Malaysia

Baca juga: Distan Kalbar lakukan observasi durian pemenang kontes

Baca juga: Pelaku UMKM kembangkan kopi durian bubuk khas Lampung

Pewarta: Ulul Maskuriah/Yose Rizal
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Kontes durian unggulan asal Banjar Kalsel

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar