Palu (ANTARA) - Pengurus Besar (PB) Alkhairaat merencanakan muktamar XI yang akan digelar pada tanggal 21 Maret 2020, di Palu, Sulawesi Tengah, dihadiri dan dibuka oleh Presiden Joko Widodo.

"Pengarah kegiatan dan panitia Muktamar Alkhairaat XI akan menemui Presiden Jokowi di Jakarta," ucap Ketua Pengarah Kegiatan Muktamar Alkhairaat XI, Prof Dr KH Zainal Abidin MAg di Palu, Selasa.

Prof Zainal Abidin mengemukakan, panitia telah mengirimkan surat kepada Presiden RI Jokowi di Jakarta melalui Kementerian Sekretariat Negara.

Surat itu menyampaikan tentang permohonan panitia ingin bertemu dengan Presiden terkait rencana pelaksanaan Muktamar Alkhairaat XI

"Panitia juga mengajak Gubernur Sulteng Longki Djanggola untuk bersama-sama menemui Presiden Jokowi di Jakarta bila permohonan itu diterima," katanya.

Alkhairaat merupakan pusat pendidikan Islam terbesar di timur Indonesia yang didirikan oleh Habib Sayyid Idrus Bin Salim Aljufri atau lebih dikenal dengan sebutan Guru Tua.

Baca juga: Habibie wafat, Alkhairaat: BJ Habibie aset bangsa

Baca juga: Menanti kebijakan pemerintah pusat terkait Guru Tua pahlawan nasional

Baca juga: Ma'ruf Amin harap Islamic Centre di Sigi dimanfaatkan dengan baik


Guru Tua merupakan salah satu pembawa ajaran Islam di Sulawesi Tengah, khususnya di Palu yang kemudian ajarannya menyebar ke pelosok desa di Sulteng.

Hingga kini Alkhairaat telah mencetak puluhan ribu alumnus mulai dari tingkat sekolah dasar, menengah pertama, menengah atas dan perguruan tinggi.

Karena itu, kata Prof Zainal Abidin, muktamar XI menjadi ajang silaturahim antarsesama Abnaulkhairaat yang saat ini tersebar di seluruh daerah di Indonesia untuk kembali menyusun strategi penguatan dan peningkatan pembinaan umat.

Hal itu tergambar dalam tema Muktamar Alkhairaat XI yakni "Meneguhkan Cita-cita Pendiri Alkhairat dan Kemandirian Organisasi".

"Alkhairaat telah ada di 20 provinsi di Indonesia. Ini perkembangan yang sangat pesat," kata Prof Zainal yang juga Ketua FKUB Sulteng.

Prof Zainal yang juga Guru Besar Pemikiran Islam Modern sekaligus Rektor Pertama IAIN Palu menyebut bahwa pengarah kegiatan dan panitia pelaksana telah bertemu dengan Gubernur Sulteng Longki Djanggola di Palu, Selasa.

"Gubernur mengapresiasi perkembangan Alkhairat dan mengharapkan semoga Alkhairat terus berkembang dan lebih maju dan akan memberikan dukungan terhadap suksesnya pelaksanaan Muktamar Alkhairat XI," ujarnya.*

Baca juga: Gubernur : haul Guru Tua pemersatu umat Islam di Indonesia

Baca juga: Anies Baswedan: Alkhairaat harus terus menjadi mata air cemerlang

Baca juga: Anies Baswedan : Alkhairaat sumber kecemerlangan masa depan bangsa

 
Panitia Muktamar Alkhairaat XI menemui Gubernur Sulteng Longki Djanggola, di Palu, Selasa (14/1/2020). (ANTARA/Muhammad Hajiji)

Pewarta: Muhammad Hajiji
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2020