Pesawat tempur Israel serang pangkalan udara Suriah

Pesawat tempur Israel serang pangkalan udara Suriah

Pencegat misil balistik "Arrow 3" melakukan uji peluncuran dekat Ashdod, Kamis (10/12). Israel menguji pencegat misil balistik "Arrow 3" mereka hari ini, menurut keterangan Menteri Pertahanan, menambahkan bahwa akan menyediakan berita terbaru mengenai hasil dari percobaan langsung. (REUTERS/Amir Cohen )

Amman (ANTARA) - Militer Suriah pada Selasa melaporkan bahwa pesawat tempur Israel menyerang pangkalan udara utama T4 di Provinsi Homs.

Pihaknya juga mengatakan pertahanan udara Suriah berhasil menembak jatuh sejumlah roket dalam serangan tersebut, yang hanya menyebabkan kerusakan material.

Juru bicara militer mengatakan kepada media pemerintah bahwa empat roket Israel menghantam pangkalan, namun pertahanan udara Suriah mampu mencegat sejumlah roket lainnya. Stasiun TV pemerintah sebelumnya merahasiakan dalang di balik serangan tersebut. Israel kerap membombardir target milisi dukungan Iran di Suriah,  tujuan mereka adalah mengakhiri keberadaaan militer Teheran di negara tersebut.

Pangkalan udara T4, yang menurut sumber intelijen Barat digunakan sebagai basis Pengawal Revolusi Iran, dihantam berkali-kali oleh Israel dalam beberapa tahun belakangan.

Dulu Israel menyebutkan bahwa Iran menggunakan pangkalan udara T4 untuk mengirim senjata ke Hizbullah, kelompok milisi Syiah Lebanon yang berperang melawan Israel selama sebulan pada 2006.

Sumber: Reuters
Baca juga: Pertahanan udara Suriah berhasil cegat misil Israel
Baca juga: Dewan Keamanan PBB capai konsensus untuk selamatkan nyawa di Suriah
 

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Mulyo Sunyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar