Warga Tionghoa Kota Bogor mandikan rupang di Vihara Dhanagun

Warga Tionghoa Kota Bogor mandikan rupang di Vihara Dhanagun

Umat Tionghoa Kota Bogor melakukan ritual mandi rupang dan altar di Vihara Dhanagun, Jalan Suryakencana Kota Bogor, Minggu (19/1/2020). ANTARA/Riza Harahap/pri.

Ritual memandikan arca dewa-dewi atau rupang ini dilakukan setiap tahun menjelang tahun baru Imlek
Bogor (ANTARA) - Warga Tionghoa Kota Bogor melakukan ritual mandi rupang yakni membersihkan arca dewa-dewi serta altar di Vihara Dhanagun Kota Bogor setiap menjelang perayaan tahun baru Imlek.

Menjelang tahun baru Imlek 2020 pada 25 Januari mendatang, ritual mandi dilakukan warga Tionghoa di Vihara Dhanagun, Jalan Suryakencana, Kota Bogor, Minggu (19/1).

"Ritual memandikan arca dewa-dewi atau rupang ini dilakukan setiap tahun menjelang tahun baru Imlek. Waktunya adalah sejak seminggu hingga tiga hari menjelang tahun baru Imlek," kata Wakil Ketua Yayasan Vihara Dhanagun Kota Bogor, Frankie Sibbald, di Vihara Dhanagun, Kota Bogor, Minggu.

Menurut Frankie, ritual mandi rupang dilakukan setiap tanggal 24 pada penanggalan Lunar, menjelang tahun baru Imlek. "Bersih-bersih rupang dan altar ini biasa dilakukan selama tiga hari, agar pada perayaan Imlek vihara dalam keadaan bersih," katanya.

Baca juga: Jelang Imlek warga Tionghoa Bogor padati vihara untuk sembahyang

Frankie menjelaskan, dipilihnya, tanggal 24 pada penanggalan Lunar untuk bersih-bersih rupang, karena diyakni pada waktu tersebut roh dewa-dewi dalam arca sedang kosong. Ada sekitar 50 rupang yang dibersihkan.

Memandikan atau membersihkan rupang dan altar dilakukan menggunakan air yang dicampur dengan bunga mawar, melati, gadung dan minyak cendana. Rupang dan altar dibersihkan dengan cara diusap-usap menggunakan kuas dan kain lap. Untuk arca dewa-dewi yang berukuran kecil, pembersihan dilakukan menggunakan kuas berukuran kecil.

Rupang yang dibersihkan di antaranya adalah Hok Tek Ceng Sin atau Dewa Bumi, Kwan Im Po Sat atau Dewi Welas Asih dan Kwan Seng Tek Kun atau Dewa Peperangan, dari ruang utama vihara.

Baca juga: Sambut Presiden Vihara Dhanagun disterilisasi

Kemudian, dari ruang Naga Hijau ada arca Tee Tjung Ong Pho dan dari ruang Macan Putih ada arca How Ciong Kun dan Kong Tek Tjun Ong, yang dibersihkan. "Dewa-dewi yang dibersihkan adalah yang berkedudukan tinggi," katanya.

Menurut Frankie, umat Khonghucu sebelum melakukan ritual mandi rupang, wajib bersembahyang dan menyucikan diri karena di dalam arca-arca itu ada roh dewa-dewi suci.

Imlek tahun 2020 bertepatan dengan tanggal 25 Januari 2020 dan setelah Imlek akan memasuki tahun tikus logam.





 

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Melihat proses kaligrafi Mandarin pada perayaan Imlek

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar