Bangkok, (ANTARA News) - Krisis yang melanda Thailand telah menunda konferensi tingkat tinggi (KTT) Perhimpunan Bangsa Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) yang dijadwalkan berlangsung pertengahan Desember, kata seorang pejabat senior pemerintah Selasa.

Berita-berita tentang penundaan itu muncul tak lama setelah pengadilan konstitusi negara membubarkan partai yang berkuasa di negara tersebut. Pengadilan konstitusi juga melarang Perdana Menteri Somchai Wongsawat dari kegiatan politik selama lima tahun.

"Kabinet sepakat terhadap usulan yang diajukan kementerian luar negeri untuk menunda pelaksanaan KTT ASEAN. Tanggal berikutnya KTT akan diputuskan dalam konsultasi dengan para anggota ASEAN," kata pejabat yang tak disebut namanya itu tersebut kepada AFP.

KTT direncanakan berlangsung pada 15-18 Desember di kota Chiang Mai. Itupun setelah dipindahkan dari Bangkok karena kekacauan di ibukota terus berlangsung, dan para pelaku aksi protes menduduki dua Bandara di kota tersebut, yakni Bandara internasional Suvarnabhumi dan bandara domestik Don Muang.(*)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2008