Anti Hoax

Benarkah PLN membuka lowongan kerja pada awal 2020?

Benarkah PLN membuka lowongan kerja pada awal 2020?

Logo PLN. (pln.co.id)

Jakarta (ANTARA/JACX) - Sebuah brosur tentang pengumuman penerimaan pegawai yang mengatasnamakan Perusahaan Listrik Negara (PLN) beredar di media sosial pada pekan ketiga Januari.

Brosur itu menautkan alamat surat elektronik careers.pln@asia.com untuk rekrutmen periode 2020 dengan keterangan "Daftarkan Diri Anda Sekarang! Lowongan Kerja PLN Tahun Ajaran 2020".

Dalam pengumuman itu disebutkan 15 formasi yang dibutuhkan beserta jenjang pendidikan mulai SMK, D1, D2, D3, D4, S1, S2, S3 atau sederajat.

Hanya saja, di dalam pengumuman itu tidak tertera kapan masa akhir pengiriman lamaran. Brosur itu memberikan pula alamat situs s.id/rekrutmen-plnpersero selain surel yang disebutkan.

Apakah benar PLN membuka lowongan pekerjaan sebagaimana disebut dalam brosur itu?
 
Tangkapan layar formulir rekrutmen palsu PLN. (s.id/rekrutmen-plnpersero)


Penjelasan:

ANTARA mencoba masuk ke situs sebagaimana disebut dalam brosur tersebut. Saat masuk ke alamat https://s.id/rekrutmen-plnpersero, pengguna akan langsung diarahkan ke formulir elektronik Google.

Formulir itu merupakan formulir pendaftaran yang dilengkapi latar kuning dan logo PLN Persero. Di dalamnya, disediakan isian data calon pegawai seperti permintaan mengenai nama, surel, nomor telepon dan unggahan riwayat singkat pelamar.

Namun sebelum melengkapi data diri itu, ANTARA melakukan penelusuran ke berbagai informasi resmi dari PLN baik melalui akun resmi di berbagai media sosial maupun situs resmi.

Penelusuran itu dibutuhkan menyusul surel yang ditautkan dalam brosur tidak merujuk pada situs resmi PLN yaitu www.pln.co.id.

PLN Indonesia melalui akun resmi diberbagai media sosialnya, pada Senin (20/1/2020), mengklarifikasi bahwa brosur tentang penerimaan pegawai pada awal 2020 itu adalah merupakan informasi tidak benar.

PLN mengaku belum membuka rekrutmen apa pun. BUMN bidang energi itu meminta masyarakat untuk mencari Info resmi penerimaan pegawai hanya melalui situs resmi PLN yaitu rekrutmen.pln.co.id.

Klaim : PLN membuka sejumlah lowongan kerja pada awal 2020
Rating : Salah/Disinformasi


Baca juga: PLN perkuat sistem kelistrikan Labuan Bajo dengan tiga pembangkit

Baca juga: BKN sebut antusiasme pendaftar calon ASN 2019 tinggi
 
Tangkapan layar akun resmi instagram PLN Indonesia mengenai informasi palsu penerimaan pegawai. (Instagram/pln_id)

Pewarta: Tim JACX
Editor: Imam Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2020

PLN Batam sepakat tagihan listrik bisa dicicil 9 bulan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar