Perkuat hubungan, Hongaria latih pesepak bola RI

Perkuat hubungan, Hongaria latih pesepak bola RI

Presiden Joko Widodo dengan Perdana Menteri Hongaria Viktor Orban di Istana Merdeka, Jakarta pada Kamis (23/1/2020). (Bayu Prasetyo)

Pelatihan di salah satu akademi sepak bola terbaik di Hongaria
Jakarta (ANTARA) - Guna memperkuat hubungan bilateral Indonesia dan Hongaria, negara di Eropa itu akan mengundang tiga pesepak bola Tanah Air untuk berlatih setiap tahun.

"Kita memiliki kerja sama yang terkait dengan olahraga yaitu pelatihan pemain sepak bola Indonesia di Hongaria," kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam jumpa pers di halaman Istana Merdeka, Jakarta pada Kamis.

Menurut dia, sebanyak tiga pemain sepak bola dikirim ke Hongaria tiap tahunnya. Menteri Luar Negeri Hongaria, Peter Szijjarto, mengonfirmasi kerja sama itu.

Baca juga: Presiden terima kunjungan PM Hongaria bahas peningkatan kerja sama

"Pelatihan di salah satu akademi sepak bola terbaik di Hongaria," ujarnya.

Selain itu, dalam peningkatan hubungan antarmasyarakat, Hongaria menyediakan program beasiswa bagi 100 mahasiswa Indonesia.

Menurut Retno, Presiden Joko Widodo dalam pertemuan bilateral menjelaskan beasiswa yang diberikan terkait pada bidang pengembangan iptek dan inovasi.

Retno menyampaikan hubungan antarmasyarakat harus dibangun mengingat tantangan jarak antara Indonesia dengan Hongaria yang jauh.
 
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi bersama Menteri Luar Negeri Hongaria Peter Szijjarto dalam jumpa pers di Istana Merdeka, Jakarta pada Kamis (23/1/2020). (Bayu Prasetyo)


"Maka hal pertama yang penting yang harus dilakukan adalah membangun hubungan people to people," ujar Retno.

Perdana Menteri Hongaria Viktor Orban telah melakukan kunjungan kehormatan ke Indonesia.

Dalam pertemuan bilateral di ruang oval Istana Merdeka, Presiden Jokowi mengapresiasi sejumlah kerja sama yang telah dilakukan, seperti penyediaan air bersih di 36 daerah di 12 provinsi di Indonesia.

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Jokowi ingin Indonesia jadi pelarian wisman yang batal ke Korea, China, Jepang

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar