Jakarta (ANTARA News) - Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, takbir keliling menggunakan kendaraan tidak muncul di sejumlah jalan utama Jakarta, hingga Minggu malam pukul 21.30 WIB.

Pantau Antara memperlihatkan, kawasan Merdeka Selatan, Jl Merdeka Timur, Jl Thamrin, Jl Sudirman, Jl DI Panjaitan dan JL Gatot Subroto tidak terlihat iring-iringan takbir keliling.

Warga lebih memilih mengumandangkan takbir di dalam masjid, diantaranya Masjid Istiqlal, At Taqwa di Jl Kramat dan Asy Syikirin di Kalimalang, dan Masjid At Taqwa di Polda Metro Jaya.

Arus lalu lintas di Jakarta lancar, namun polisi lalu lintas tetap siaga penuh di perempatan dan tempat-tempat yang biasanya rawan macet dengan penjagaan agak menyolok di depan pintu gerbang Masjid Istiqlal di mana menurut rencana dihadiri oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Wapres Jusuf Kalla.

Sementara itu, situasi berbeda terjadi di Sumenep, Madura, Jawa Timur yang justru menggelar takbir keliling dan langsung diberangkatkan Bupati Sumenep Moh. Ramdlan Siraj.

Jumlah peserta takbir keliling mencapai 55 mobil dan merupakan utusan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di Kabupaten Sumenep dan sejumlah elemen masyarakat.

Di Muara Teweh,  Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, warga juga menggelar takbir keliling, namun dengan jalan kaki. (*)

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2008