PLN Bangun dua jalur transmisi listrik ke Aceh

PLN Bangun dua jalur transmisi listrik ke Aceh

Salah satu jaringan listrik tegangan 275 KV sepanjang 120 kilometer yang melintasi 4 kabupaten di Sumut yakni Tobasa, Asahan, Simalungun dan Batubara. ANTARA/HO-PLN

Banda Aceh tidak ada lagi pemadaman
Banda Aceh (ANTARA) - PT PLN (Persero) menyatakan saat ini pihaknya sedang membangun sistem transmisi 275 Kv guna meningkatkan kehandalan pasokan energi listrik melalui dua jalur ke Provinsi Aceh.

"Saat ini pasokan energi listrik Aceh melalui transmisi 150 Kv dan dengan pembangunan transmisi 275 Kv maka distribusi listrik akan dua jalur. Artinya jika sistem pertama terganggu maka suplai akan dilakukan melalui jalur kedua," kata Direktur Regional Sumatera P TPLN (Persero) Wiluyo Kusdwiharto di Seramoe T Umar PT PLN UIW Aceh, Banda Aceh, Jumat. 

Ia menjelaskan dengan pembangunan sistem transmisi tersebut akan dapat meminimalisir pemadaman listrik yang terjadi di Aceh dan Banda Aceh khususnya karena ada distribusi dari dua jalur.

"Jika ada gangguan pada sistem transmisi 150 Kv maka akan didistribusi nantinya melalui transmisi 275 Kv," katanya.

Baca juga: PLN dorong inovasi EBT sektor komersial dan industri
Baca juga: PLN perkuat sistem kelistrikan Labuan Bajo dengan tiga pembangkit

Baca juga: PLN operasikan PLTS Sambelia di Lombok Timur

Ia mengatakan pihaknya akan membangun sistem transmisi tersebut dari Pangkalan Susu-Arun-Sigli-Banda Aceh dan kemudian dari Meulaboh, Calang dan Banda Aceh sehingga distribusinya akan bisa masuk dari jalur timur dan barat.

"Kami optimistis dengan terbangunnya sistem jaringan ini akan meningkatkan kehandalan listrik di Aceh sehingga Banda Aceh tidak ada lagi pemadaman," katanya.

Pihaknya juga berharap kepada masyarakat untuk melaporkan kepada kantor PT PLN terdekat apabila melihat ada tiang atau sarana penunjang PLN yang rusak agar dapat segera diperbaiki oleh petugas.

"Kami mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama menjaga sarana dan prasarana penunjang PLN sebab kalau ada fasilitas yang rusak juga akan berimbas terhadap pasokan listrik kepada masyarakat," katanya yang turut didampingi Manager Komunikasi PT PLN UIW Aceh, T Bahrul Halid.

Baca juga: Pengembangan PLTP Muara Laboh II dimulai tahun ini
Baca juga: PLN sebut PLTMG Arun dukung investasi
Baca juga: PLN Papua resmi operasikan tiga pembangkit tenaga mesin gas

 

Pewarta: M Ifdhal
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Sampah di NTB jadi sumber energi pembangkit listrik PLN

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar