Beijing (ANTARA News) - Polisi Beijing pada akhir pekan lalu melakukan latihan penanggulangan serangan teroris gaya Mumbai,  ungkap media setempat.

Seperti dilaporkan Xinhua, dalam latihan itu diskenariokan " teroris menyerang kota dengan serangkaian ledakan serta menculik sandera-sandera". Latihan itu bertempat di suatu hotel internasional.

Xinhua melaporkan bahwa Beijing menyelenggarakan latihan itu untuk "meningkatkan kemampuan penanggulangan terhadap serangan-serangan bergaya Mumbai."

Foto dari Xinhua menunjukkan Unit Brimob Beijing turun ke atap dari helikopter lalu menyelamatkan para sandera.

"Latihan tersebut bertujuan mencegah serangan teroris, khususnya setelah terjadi serangan Mumbai yang sasaran dan rencananya terusun rapi," kata Xiao Yong,  kepala satuan khusus tersebut.

"Sebagaimana diketahui, teroris menyerang berbagai lokasi di kota (Mumbai) dengan ledakan,tembakan,  penculikan dan  baku tembak dengan polisi," kata Xiao.

"Kami telah meriset berbagai jenis serangan dan telah menyusun langkah penanggulangan teroris secara komplet dan menyeluruh,"katanya.

Setiap anggota pasukan khusus itu mendapat pelatihan yang  komprehensif serta masing-masing diberi senjata dan peralatan seharga 300 ribu yuan (sekitar Rp450 juta).(*)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2008