Kota Kinabalu (ANTARA) - Sebanyak 21 tim peserta Tour de Langkawi 2020 diperkenalkan pada upacara pembukaan di Taman Padang Merdeka, Kota Kinabalu, Malaysia, Rabu malam.

Ke-21 tim itu terdiri dari 1Tim Dunia UCI, 5 Tim Pro, 14 Tim Kontinental, dan Tim Nasional Malaysia. Mereka mewakili kawasan Eropa, Asia, Afrika, Amerika, dan Oseania.

TdLkembali melalui Sabah dan Serawak setelah kedua negara bagian itu absen lama, yang sekaligus menandai status baru balapan ini sebagai balapan Pro Series.

Edisi tahun ini juga merupakan edisi istimewa karena menandai berlangsungnya TdL untuk ke-25 tahun.

Pesta olahraga balap sepeda Malaysia itu akan dimulai Kamis (6/2), dengan penyelenggaraan Malaysia International Criterium Race. Sebelum etape satu TdL dimulai di Kuching pada Jumat (7/2).

Harapan Mahathir

Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad tidak dapat menghadiri upacara pembukaan, namun ia menyempatkan waktu untuk memberi kata sambutan melalui video.

"Meski saya tidak berada di sana secara fisik, saya akan tetap memantau balapan dari dekat. Saya berjanji untuk menemui Anda semua di etape terakhir di Langkawi," kata Mahathir.

Mahathir juga menuturkan harapannya agar TdL kelak akan selevel dengan ajang-ajang Grand Tour seperti Giro d'Italia dan Tour de France.

Para penggemar balap sepeda rela merencanakan pergi ke Italia dan Prancis sejak jauh hari untuk merasakan pengalaman menyaksikan balapan dan mengecap pengalaman di negara tersebut.

Memuji panita penyelenggara

Upacara pembukaan itu juga dihadiri oleh Menteri Belia dan Sukan Syed Saddiq Syed Abdul Rahman, Ketua Pelaksana TdL Shahaizereen A Hamid, dan Wakil Presiden Petronas Bacho Pilong.

Syed Saddiq memuji panitia penyelenggara, dan meminta para penonton untuk memperlihatkan dukungannya serta menjadi bagian dari ajang ini dengan menyambut tim-tim favorit mereka, dan di saat yang sama memperlihatkan keramahan Malaysia kepada dunia.

Ia menambahkan bahwa balap sepeda menarik perhatian sekitar 3,5 milyar penggemar khususnya di Eropa, Amerika Utara, dan China.

"Edisi tahun ini akan memperlihatkan secara luas kepada ratusan juta penonton via siaran langsung di seluruh dunia melalui Eurosports 2 di 52 negara, dan Eurosport Asia-Pacific di 11 negara.

TdL tahun ini dimulai dengan balapan Malaysian International Criterium, sebelum berlangsungnya etape satu di Kuching pada Jumat. Tim-tim pebalap kemudian akan melintasi Laut China Selatan menuju Kuala Terengganu untuk melangsungkan etape 2.

Dari Kuala Terengganu, balapan akan menuju Kerteh, sebelum melintasi pesisir Selatan Peninsula. Balapan kemudian diteruskan menuju Utara untuk akhirnya berakhir di Langkawi pada 14 Februari.

Sebagai bagian dari TdL tahun ini, panitia penyelenggara juga mengadakan Malaysia International Classic, serta berbagai acara pada 15 Februari di Langkawi.

Daftar tim peserta Tour de Langkawi 2020:

NTT Pro Cycling Team (Afrika Selatan), Androni Giacatolli-Sidermec (Italia), Bardiani CSF Fanzane (Italia), Nippo Delko One Provence (Prancis), Vini Zabu KTM (Italia); B&B Hotels-Vital Concept (Prancis), Aisan Racing team (Jepang), Team Bridgelane (Australia), PGN Cycling Team (Indonesia), KSPO Professional (Korea Selatan), ARA Pro Racing Sunshine Coast (Australia), SSOIS Miogee Cycling Team (China), St George Continental Team (Australia), Team Sapura Cycling (Malaysia), Terengganu Inc. TSG Cycling Team (Malaysia), Thailand Continental Team (Thailand), Vino-Astana Motors (Kazakhstan), Wildlife Generation Pro Cycling (AS), Utsonomiya Blitzen (Jepang); HKSI (Hong Kong), Tim nasional Malaysia.

Baca juga: Rolland dan Gautier jadi andalan tim B&B Hotels-Vital di TdL 2020

Baca juga: Vino-Astana Motor yakin dapat naik level di TdL 2020

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2020